Inilah Khasiat Serta Manfaat Sayur Bayam Bagi Tubuh

By On Saturday, February 25th, 2017 Categories : Kesehatan

Khasiat Serta Manfaat Sayur Bayam
Sayur Bayam

Manfaat Sayur Bayam – Bayam merupakan sayuran yang bervitamin yang mempunyai harga yang murah serta mudah didapatkan dengan, bayam sendiri memiliki ciri fisik yang umum yang memiliki daun berwarna hijau serta memiliki lebar daun yang besar dan batang yang tidak teralu tinggi.

Meskipun bayam merupakan sayur yang tergolong murah tetapi terdapat juga lho manfaat yang terdapat pada bayam bagi tubuh karena bayam sendiri memiliki berbagai nutrisi dan vitamin yang termasuk sumber vitamin A, vitamin K, mangan, folat, serat, magnesium, protein, kalsium serta kalori.

Baca Juga : Makanan Sehat Bayi yang Terbaik Di Usia 9 Bulan

Kandungan nutrisi yang terdapat pada bayam ini membuat bayam menjadi makanan yang bernutrisi, dari pada penasaran akan manfaat sayur bayam, maka dari itu yuk simak khasiat serta manfaat sayur bayam bagi tubuh berikut ini :Khasiat Serta Manfaat Sayur Bayam Bagi Tubuh

Khasiat Serta Manfaat Sayur Bayam Bagi Tubuh

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Antioksidan yang terdapat pada bayam mempunyai manfaat yang baik yang berkhasiat untuk mencegah terkumpulnya plak kolestrol yang terdapat pada saluran arteri karena hal ini bisa mencegah terjadinya sumbatan pada arteri yang bisa membuat resiko penyakit jantung akan semakin tinggi dan sayur bayam juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan pada darah.

  • Memperkuat Tulang

Osteoporosis yang dialami oleh orang yang lanjut usia dapat dicegah dengan mengkonsumsi bayam karena di dalam bayam terdapat vitamin K yang berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium pada tulang sehingga tulang akan menjadi kuat seperti “popeye”.

  • Mencegah diabetes

Manfaat bayam mampu untuk mencegah diabetes. Kandungan magnesium yang ditemukan dalam bayam dapat membantu untuk mencegah komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Dengan mengkonsumsi secara rutin bayam akan membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfluktuasi yang terlalu banyak.

  • Mencegah Kanker

Flavonoid yang terdapat pada bayam bisa mencegah terjadinya infeksi pada tubuh yang bisa meminimalisir dampak resiko terkena penyakit kanker seperti kanker paru-paru, kanker ovarium serta kanker prostat.

Manfaat bayam dapat melawan sel kanker. Hal ini karena vitamin A dan C, serat, asam folat, serta 13 flavonoid yang terdapat dalam kandungan bayam bermanfaat untuk memerangi sel kanker. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan pada bayam tersebut dapat menurunkan resiko terserang kanker sebesar 34% terutama terserang kanker rahim, kanker payudara, kanker kulit, kanker prostat, dan kanker perut.

  • Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Zat besi yang terdapat pada bayam berguna untuk membangun sel darah merah yang mempunyai fungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh yang bisa mencegah tubuh anda menjadi lemah, kehilangan tenaga, mengantuk, serta anemia yang dapat dihindari dengan hanya mengkonsumsi sayur bayam.

  • Kesehatan Otak Terjaga

Setiap manusia dengan bertambah usianya, ingatan atau memori akan menurun. Mengkonsumsi daun bayam dapat menjaga kesehatan otak serta meningkatkan daya ingat.

  • Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Senyawa yang terkandung pada bayam adalah kalium namun rendah sodium. Karena tingkat mineral yang cukup seimbang sangat baik bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Senyawa folat juga terdapat pada tumbuhan ini dan berfungsi menurunkan darah serta melemaskan pembuluh darah. Hal ini akan memperlancar aliran darah.

  • Sumber anti-inflamasi

Bayam memiliki kandungan yang banyak mengandung neoxanthin dan violaxanthin (dua anti-inflamasi epoxyxanthophylls) yang dapat berperan penting dalam regulasi peradangan. Bayam mengandung sifat alkalinitas tinggi sehingga dapat membuat sayur ini menjadi salah satu pilihan yang sempurna bagi penderita penyakit inflamasi, seperti : rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

  • Mempunyai Manfaat Bagi Ibu Hamil

Zat folat dan Vitamin A yang terkandung dalam bayam bermanfaat sekali bagi ibu hamil karena hal ini bisa membantu proses pembentukan paru paru pada janin serta pembentukan sistem saraf yang lengkap, ini semua diperankan oleh zat folat serta vitamin A.

Dengan mengkonsumsi bayam anda sudah bisa mengambil manfaat sayur bayam yang mempunyai banyak sekali segudang manfaat serta khasiat yang dapat diambil dengan harga yang murah, demikian informasi tentang khasiat serta manfaat bayam bagi tubuh yang dapat kami sampaikan.

Salam Sehat.

Artikel Kesehatan - Inilah Khasiat Serta Manfaat Sayur Bayam Bagi Tubuh, is Posted Under Tags: , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response