Khasiat Bengkoang Untuk Kesehatan
Bengkoang

Khasiat Bengkoang Untuk Kesehatan

By - On 10 December 2017 - Categories : Kesehatan

Khasiat Bengkoang Untuk Kesehatan – Di Indonesia, bengkoang banyak dibudidayakan di daerah dataran rendah seperti pulau Madura dan Jawa. Bengkoang termasuk buah yang memiliki banyak kandungan gizi seperti vitamin dan mineral. Mineral yang ada dalam buah ini diantaranya adalah kalsium, zat besi, dan fosfor. Sedangkan vitamin yang paling banyak terdapat pada buah ini adalah vitamin C.

Selain itu kandungan air yang tinggi pada bengkoang juga membuatnya cocok sebagai penyegar dan penambah cairan tubuh sehingga dapat menghilangkan deposit lemak yang mengeras di beberapa bagian tubuh. Jadi bisa dibilang bahwa bengkoang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kandungan bengkoang

Dalam bengkoang, terdapat sejumlah senyawa seperti zat besi (0,6 mg), fosfor (18 mg), karbohidrat (12,8 gr), protein (1,4 gr), vitamin B1 (0,04 mg), vitamin C (20 mg), kalsium (15 mg), lemak (0,2 gr), dan energi (55 kal).

Khasiat bengkoang untuk kesehatan :

1. Bengkoang dapat mengobati wasir

Penyakit wasir disebabkan gangguan aliran darah di sekitar dubur sehingga pembuluh darah melebar dan membengkak. Walaupun begitu, tidak semua pasien wasir membutuhkan pengobatan medis. Bahkan dengan pengobatan sekalipun, wasir masih bisa kambuh. Namun dengan bantuan serat yang ada pada bengkoang, maka rasa sakit yang dirasakan penderita wasir dapat berkurang karena salah satu fungsi serat adalah memperlancar saluran pencernaan dan mempermudah pengeluaran feses. Untuk mengobati wasir, minumlah jus bengkoang setiap pagi.

2. Bengkoang baik bagi penderita diabetes

Serat makanan yang ada dalam bengkoang mampu menurunkan kadar gula dalam darah karena tidak semuanya diubah menjadi glukosa. Untuk mempertahankan kadar gula dalam darah, sebaiknya meminum jus bengkoang atau sari parutan bengkoang setiap pagi dan malam hari.

3. Bengkoang dapat mengobati sariawan

Sariawan disebabkan oleh luka, alergi, kekurangan vitamin C, atau juga bisa terjadi karena daya tahan tubuh yang berkurang. Vitamin C yang terkandung dalam bengkoang dapat berperan sebagai antioksidan sehingga mampu mempercepat penyembuhan sariawan. Untuk menyembuhkan sariawan, gunakan jus bengkoang yang dipadukan dengan madu dan air.

4. Bengkoang dapat mengurangi asam lambung

Guna mengurangi jumlah asam lambung yang terlalu banyak, maka pasien sebaiknya lebih sering mengonsumsi buah dan mengurangi makanan pedas dan berminyak. Bukan hanya itu, karena bengkoang memiliki sifat alkali yang dapat cepat menyerap asam lambung yang berlebih, maka ahli naturopati menyarankan untuk mengonsumsi bengkuang segar. Jadi jangan ditambahkan sambal atau garam ya.

5. Bengkoang dapat mengobati demam

Karena memiliki sifat kimiawi yang mampu mendinginkan. Caranya, konsumsi bengkoang secara langsung atau bisa juga dijadikan jus dan diminum ketika pagi dan sore.

Baca Juga :
Inilah Khasiat Serta Manfaat Sayur Bayam Bagi Tubuh
Manfaat dan Khasiat Buah Pepaya

Khasiat bengkoang untuk kecantikan :

1. Bengkoang dapat menjaga kesegaran kulit

Dengan cara menjadikannya bedak dingin.

2. Bengkoang dapat memutihkan kulit

Berbagai produk kecantikan di Indonesia menjadikan bengkoang sebagai bahan utamanya. Untuk memperoleh khasiat buah bengkoang sehingga kulit terlihat lebih putih, maka parutlah buah bengkoang. Jemur hasil parutan tersebut sampai kering dan dicampur dengan air mawar. Lalu gunakan racikan tersebut sebagai masker wajah.

3. Bengkoang dapat mengurangi bintik hitam pada wajah

Bengkoang juga dapat digunakan untuk mengurangi bintik hitam pada wajah. Kupas bengkoang, bersihkan dan parut hingga halus. Tempelkan hasil parutan tersebut ke seluruh wajah. Tunggu hingga 15 menit, lalu bilas dengan memakai air hangat. Setelah membilas dengan air hangat, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan selama 3 hingga 4 kali seminggu.

Salam Sehat.

Artikel Kesehatan - Khasiat Bengkoang Untuk Kesehatan, is Posted Under Tags: , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response