Tanda Penyakit Demensia
Demensia

Kenali 5 Tanda Penyakit Demensia Berikut!

By - On 2 March 2017 - Categories : Kesehatan

Tanda Penyakit Demensia – Salah satu penyakit degeneratif yang akhir-akhir ini banyak mendapat perhatian adalah demensia. Demensia sebenarnya bukan benar-benar suatu penyakit, melainkan sekumpulan gejala yang berkaitan dengan penurunan fungsi dalam berpikir, mengingat, dan berkomunikasi.

Penyebab utama demensia adalah penyakit Alzheimer, dan selain itu demensia juga bisa dipicu oleh kerusakan karena terluka atau stroke. Pikun merupakan salah satu gejala umum dari orang yang menderita demensia, meskipun bila Anda menemukan tanda orang pikun bukan berarti orang tersebut sudah pasti menderita demensia.

Baca Juga :
Penyebab Dispepsia, Gejalanya dan Cara Mencegah
Apa itu Pneumonia ? Penyebab dan Gejalanya

Untuk lebih mengetahui dan mengenal apa saja tanda – tanda Penyakit Demensia, mari kita baca baik-baik kelima poin di bawah ini yang dikutip dari situs Healthline :

5 Tanda Penyakit Demensia

  1. Ingatan Jangka Pendek Melemah

Contoh paling kentara dari gejala demensia adalah kesulitan mengingat hal-hal yang baru saja terjadi. Orang dengan demensia mungkin saja masih ingat beberapa kejadian di masa lalu, tapi mereka kerap kesulitan mengingat apa makanan yang baru saja mereka makan atau apa yang baru saja Anda katakana pada mereka.

  1. Kesulitan Menemukan Kata yang Tepat

Orang yang menderita demensia juga mengalami kesulitan dalam berkomunikasi. Pada tahap awal terjadinya demensia, mereka akan bingung di tengah pembicaraan karena mereka tidak bisa menemukan kata yang tepat untuk mengungkapkan apa yang ada di pikiran mereka. Hal ini juga berpengaruh ketika mereka membaca sesuatu, sehingga mereka makin sulit memahami artinya.

  1. Bingung

Salah satu tanda lain dari penyakit demensia adalah kebingungan. Mereka bingung soal waktu dan tempat. Umumnya mereka tidak mengenal waktu pagi, siang, sore, dan malam serta tidak bisa menemukan jalan kembali pulang bila berada di luar. Orang dengan demensia juga akan bingung dalam berbicara dengan orang karena mereka mulai tidak mengenali wajah bahkan wajah orang terdekat mereka!

  1. Lupa Cara Melakukan Sesuatu

Yang membuat penyakit degeneratif demensia ini cukup memprihatinkan adalah karena irnag yang terkena demensia berangsur-angsur lupa cara melakukan sesuatu. Hal dasar dalam merawat diri seperti mandi dan buang air kecil pun makin lama makin sulit mereka lakukan sendiri.

  1. Mengulang-ulang

Tanda seseorang terkena demensia berikutnya adalah mereka sering mengulang-ulang. Hal ini berkaitan dengan terganggunya memori jangka pendek mereka. Tak jarang mereka kembali menanyakan sesuatu yang sama dengan hal yang mereka tanyakan 1 menit sebelumnya. Mereka juga bisa saja mengulang makan karena merasa dirinya belum mengonsumsi apapun hari itu!

Bila Anda sudah mendapati lebih dari 2 tanda demensia di atas pada orang-orang yang Anda sayangi, maka besar kemungkinan mereka telah terkena demensia. Semoga informasi ini dapat membantu Anda.

Salam Sehat.

Artikel Kesehatan - Kenali 5 Tanda Penyakit Demensia Berikut!, is Posted Under Tags: , , , , , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response