Gangguan Mental yang Sering Terjadi Pada Wanita
Gangguan mental memiliki risiko dapat menyerang kaum perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan laki – laki

Beberapa Gangguan Mental yang Sering Terjadi Pada Wanita

By - On 29 March 2017 - Categories : Kesehatan

Gangguan mental yang sering terjadi pada wanita – Berbicara mengenai gangguan mental memang dapat dialami oleh siapa saja, baik untuk laki – laki maupun perempuan. Namun yang menjadi masalah adalah gangguan mental memiliki risiko dapat menyerang kaum perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan laki – laki. Hal ini pun ada kaitannya dengan pengaruh hormon dan lingkungan sosial. Kaum perempuan memang mengalami pelecehan dan kekeran seperti halnya KDRT meningkatkan risiko kaum wanita mengalami masalah mental. Berikut ini ada beberapa gejala seorang wanita sering mengalami masalah mental.

Beberapa Gangguan Mental yang Sering Terjadi Pada Wanita


Depresi

Pertama, Gangguan mental yang sering terjadi pada wanita adalah Depresi. Beberapa gejala yang ditimbulkan dari depresi adalah rasa sedih yang berkepanjangan, terkadang seseorang juga tidak mengetahui penyebab rasa sedih tersebut, sulit tidur dan kurangnya nafsu makan serta pesimis dan mudah putus asa.

Terapi yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi obat antidepresan bisa meringan gejala depresi. Sama efektifnya menurut hasil penelitian baru depresi juga akan dapat dengan mudah diatasi dengan melakukan terapi perilaku kognitif, yaitu suatu terapi bicara yang menantang pikiran negatif.


Gelisah

Gelisah juga merupakan Gangguan mental yang sering terjadi pada wanita. Salah satu gejala gelisah adalah pikiran yang tidak selalu tenang, khawatir yang berlebihan dan merasa cemas. Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan terapi yaitu Cognitif Behavioral Therapy atau terapi perilaku kognitif yang akan dapat membantu kamu dalam mengganti pikiran yang lebih realistis.


Serangan Panik

Serangan panik gejalanya bisa saja terjadi berulang, didahului dengan episode kecemasan dan rasa ketakutan yang disertai dengan jantung yang berdebar – debar kencang, denyut nadi yang mulai cepat atau telapak tangan yang berkeringat. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan terapi  pernapasan perut, yang mana hal ini akan memberi efek yang menenangkan. Bila gejalanya sudah mulai parah, kamu bisa berkonsultasi pada psikiater. Biasanya psikiater akan memberikan resep obat syaraf yang akan memberi dampak menenangkan.


Stres pascatrauma

Stres pascatraumaGejala pikiran kamu sering kali akan berbagai kenangan yang sudah berlalu, selalu bermimpi buruk yang kemudian muncul perasaan kecemasan yang berlebihan. Trauma yang satu ini akan menjadi sesuatu yang sangat menyakitkan atau bahkan menyedihkan. Terapi yang bisa kamu coba untuk mengatasi stres yang satu ini kamu bisa membutuhkan psikolog atau psikiater untuk menanganinya. Kamu akan diberikan terapi pemaparan dimana terapi ini akan dapat membawa kenangan kamu kepada kejadian yang membuat kamu trauma kemudian didorong untuk melemahkan ingatan emosional tersebut. (Baca JugaPenyebab Stres dan Cara Menanganinya)


Gangguan Kepribadian

Untuk gangguan kepribadian ini gejala yang bisa ditunjukkan adalah adanya reaksi emosional yang cukup ekstrem dan perilaku merusak diri sendiri. Biasanya stres pascatrauma ini menjadi salah satu penyebab yang paling besar adalah pengalaman ketika masih kecil, misalnya saja trauma akan pelecehan seksual. Terapi yang bisa dilakukan adalah dengan terapi perilaku kognitif dengan mengajarkan cara melampiaskan perasaan untuk reaksi yang berbahaya seperti halnya dengan memukul  benda dengan keras.


Nah itulah beberapa Gangguan mental yang sering terjadi pada wanita. semoga bermanfaat dan Salam Burangir.

 

Artikel Kesehatan - Beberapa Gangguan Mental yang Sering Terjadi Pada Wanita, is Posted Under Tags: , , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response