Gangguan Emosi Dapat Menyebabkan Rambut Rontok
Tekanan tanpa disadari mendorong individu melakukan kebiasaan aneh seperti mencabut rambut di kepala sehingga menyebabkan sebagian besar kepala menjadi botak.

Gangguan Emosi Dapat Menyebabkan Rambut Rontok

By On Monday, January 23rd, 2017 Categories : Kesehatan

Gangguan Emosi Dapat Menyebabkan Rambut Rontok – Tekanan perasaan atau jiwa diidentifikasi menjadi salah satu penyebab utama masalah kerontokan rambut dibandingkan akibat penggunaan kimia berlebihan yang banyak dijual di pasar. Masalah rambut rontok hasil tekanan jiwa melibatkan rata-rata jumlah yang sama antara pria maupun wanita.

Insiden terkait keguguran rambut dengan tekanan jiwa ini sering ditemukan. Lebih kurang 60 persen pasien yang mengalami rambut rontok adalah akibat masalah tekanan seperti cemas, tidak cukup tidur serta diet tidak seimbang.

Tekanan jiwa yang dialami biasanya tidak begitu serius seperti masalah keluarga, depresi atau melibatkan percintaan. Ada juga yang mengalami trauma akibat kejadian buruk seperti kecelakaan atau kematian orang tersayang.

Tekanan tanpa disadari mendorong individu melakukan kebiasaan aneh seperti mencabut rambut di kepala sehingga menyebabkan sebagian besar kepala menjadi botak. Tekanan juga mendorong kepada masalah sulit tidur dan pola makan tidak seimbang yang dapat mendatangkan masalah pada rambut.

Ada yang mengalami depresi akibat kematian orang tersayang dan mulai mencabut rambutnya sehingga menampakkan kulit kepala tanpa disadari. Sebelum seseorang pelanggan menjalani perawatan, terapis biasanya terlebih dulu mengambil latar belakang mereka seperti keturunan, hormon yang tidak seimbang atau penggunaan bahan kimia berlebihan untuk mengidentifikasi masalah nyata yang dihadapi. Selanjutnya pasien akan diberikan pengobatan sesuai menurut tingkat permasalahan.

Konseling

Jika masalah sebenarnya berasal dari tekanan jiwa, klien harus menjalani sesi konseling terlebih dulu karena ia adalah akar keberhasilan pengobatan yang bakal dijalani. Jika masalah sebenarnya tidak diatasi, ia akan berulang meskipun kita mampu memberikan perawatan bagi menumbuhkan kembali rambut.

Antara konseling yang diberikan adalah dengan menyarankan pelanggan menjalani gaya hidup sehat seperti banyakkan berolahraga karena berkeringat dapat menenangkan pikiran.

Atur Asupan Makanan

Selain berolahraga, konsumsi makanan seimbang juga memainkan peran penting dalam mengatasi masalah terkait rambut. Justru, mereka harus diberikan panduan tentang diet sehat seperti makan lebih banyak buah-buahan dan sayuran segar. Minuman berkarbon seperti air gas dan kopi dapat memperburuk masalah rambut rontok.

Minuman itu harus dihindari dan kalau bisa minum air kosong lebih banyak atau air yang dapat mendinginkan tubuh seperti barley, kacang kedelai atau kelapa.

Rambut yang sehat mengalami keguguran antara 30 sampai 120 helai setiap hari, tetapi jumlah ini diganti ulang. Namun, rambut yang bermasalah gugur lebih banyak dari jumlah ini dan tidak memiliki anak rambut sebagai pengganti untuk rambut yang rontok.

Rambut rontok terutama di kalangan remaja pula disebabkan penggunaan bahan kimia yang berlebihan seperti mouse, semprot rambut maupun mewarnai. Penggunaan kimia dalam proses memutihkan rambut sebelum mewarnakannya juga adalah antara faktor berkontribusi pada struktur rambut lemah dan mudah rontok.

Mengatasi Rambut Rontok

Sebenarnya penderita rambut rontok tidak perlu melakukan terapi karena bisa sembuh dengan sendirinya. Namun dokter dapat memberikan terapi yang tepat sesuai dengan indikasi pasien.

Rambut yang strukturnya lebih halus lebih mudah rusak akibat aktivitas mengerinting rambut dan teknik meluruskannya. Namun, banyak remaja tidak menghiraukan dampaknya untuk cantik dan mengikuti aliran gaya rambut saat. Mereka disarankan untuk mengetahui terlebih dulu kondisi rambut mereka sebelum menggunakan kimia atau teknik untuk mendapatkan gaya rambut yang diidamkan.

Misalnya, jika jumlah rambut mereka terlalu sedikit, sebaiknya jangan kerintingkan rambut karena dapat memperburuk keadaan dan merusak rambut. Jika ingin mewarnakan rambut, pastikan Anda sering melakukan perawatan rambut atau segera ke ahli ketika rambut terlihat gugur terlalu banyak.

Untuk mempertahankan rambut sehat, amalkan meminyaki rambut lebih sering dengan menggunakan minyak alami seperti minyak kelapa, selain menjalani perawatan rambut secara teratur. Diet seimbang dan ketenangan jiwa juga mempengaruhi rambut lebih sehat serta bersinar.

Peluang untuk pulih adalah tinggi yaitu antara 70 sampai 78 persen, tetapi ini tergantung pada diri sendiri. Jika mereka rajin, proses pemulihan dapat terjadi lebih cepat yaitu antara dua setengah sampai tiga bulan. Untuk kasus yang lebih serius seperti trauma, mungkin memakan waktu hingga satu setengah tahun untuk memungkinkan rambut tumbuh dan panjang.

Demikian ulasan mengenai Gangguan Emosi Dapat Menyebabkan Rambut Rontok Semoga Bermanfaat, Salam Burangir

Artikel Kesehatan - Gangguan Emosi Dapat Menyebabkan Rambut Rontok, is Posted Under Tags: , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response