Efek Negatif Konsumsi Minuman Es Dingin
Minuman Dengan Es Pendingin

Awas, Ini Efek Negatif Konsumsi Minuman Es Dingin !

By - On 25 February 2017 - Categories : Kesehatan

Efek Negatif minuman es dingin – Di hari yang panas, meneguk segelas minuman es dingin memang terasa menyegarkan dan mampu menghilangkan dahaga. Minuman es dingin memang sanggup memberi efek menyegarkan bagi tubuh kita, sehingga tak jarang orang lebih memilih untuk meminum minuman es dingin entah saat makan di luar rumah atau setelah melakukan aktivitas luar ruangan.

Tapi, tahukah Anda bahwa minum minuman es dingin juga memiliki dampak buruk yang bisa dirasakan oleh tubuh? Tak banyak orang yang menyadari hal ini dan masih banyak yang memiliki kebiasaan minum minuman es dingin. Mungkin bila sesekali mengonsumsi minum minuman es dingin tidak akan membawa bahaya minuman es dingin bagi kesehatan.

Baca Juga : Seberapa Banyak Minum Air Putih Supaya Sehat?

Namun jika dikonsumsi secara terus menerus maka tak ayal minuman es dingin ini akan membawa efek negatif pada kesehatan kita. Apa saja efek negatif minuman es dingin tersebut? Dilansir dari situs BoldSky, simak baik-baik penjelasan di bawah ini :

Ini Efek Negatif Minuman Es Dingin!

  1. Menghambat Keringat

Bahaya minuman es dingin bagi tubuh yang pertama adalah menghambat tubuh Anda mengeluarkan keringat dengan maksimal. Kita memang berniat mengusir rasa panas dari tubuh dengan meminum minuman es dingin, namun hal tersebut membuat keringat tidak keluar seluruhnya, padahal keringat juga berguna membuang racun dari dalam tubuh.

  1. Beresiko Terkena Diabetes

Menghindari diabetes tidak hanya melalui membatasi konsumsi makanan manis, tapi juga menghindari minuman es dingin. Mengapa? Karena satu botol atau satu kaleng minuman es dingin bisa meningkatkan kadar gula darah. Mengonsumsi air hangat akan memberi efek sebaliknya, dimana tubuh Anda bisa tetap segar dan jauh dari diabetes.

  1. Buruk untuk Metabolisme Tubuh

Dampak buruk minuman es dingin juga bisa dirasakan pada sistem metabolism tubuh. Agar sistem metabolism tubuh tetap bekerja dengan baik, dianjurkan untuk mengonsumsi air hangat saja. Meminum air hangat juga akan mengaktifkan salah satu bagian di otak yang berkaitan dengan rasa puas setelah makan.

  1. Merusak Gigi

Efek minuman es dingin yang mungkin tidak kita sangka adalah ia sanggup merusak lapisan terluar gigi kita. Tak hanya itu, ia juga akan membuat gigi Anda terasa ngilu dan mengakibatkan masalah pada kesehatan gigi dalam jangka panjang.

  1. Berpeluang Terkena Infeksi

Air hangat merupakan cara yang efekstif untuk membunuh bakteria dan kuman yang masih tertinggal di dalam sistem pencernaan kita. Jadi, bila kita jarang meminum air hangat dan lebih sering meminum minuman es dingin, bisa dibayangkan bukan bila kita berpeluang lebih besar terkena infeksi yang disebabkan oleh bakteri?

Setelah mengetahui beberapa efek negatif minuman es dingin tersebut, maka sudah saatnya kini kita mengubah kebiasaan buruk kita dengan mengonsumsi minuman dengan suhu ruang atau air hangat. Sesekali meminum minuman es dingin memang boleh-boleh saja, tapi jangan sampai minuman es dingin menjadi minuman wajib kita sehari-hari.

Salam Sehat.

Leave a Reply

Leave a Response