Perawatan gigi behel

Punya Gigi Behel? Intip 5 Cara Perawatannya!

By - On 17 February 2017 - Categories : Kesehatan

Perawatan gigi behel – Bila Anda memiliki gigi berbehel, tentunya pernah mengalami susahnya membersihkan gigi karena terhalangi oleh behel. Kendati demikian, perawatan pada gigi berbehel tetap harus dilakukan guna menjaga tampilannya yang bersih maksimal dan menunjang kepercayaan diri Anda. Nah, bagaiamana cara merawat gigi berbehel?

Baca Juga : Tips Cara Sederhana Memutihkan Gigi Kuning

Cara Mudah Perawatan Gigi Berbehel

1. Sikat gigi dan pasta gigi khusus

Pertama, Anda harus sadar bahwa kondisi gigi berbehel sangat jauh berbeda dengan gigi biasa. Oleh karena itu, dari segi perawatan, gigi behel membutuhkan sikat dan pasta gigi khusus orthopedic seperti yang direkomendasikan oleh dokter.

2. Obat kumur

Ada kalanya akan ada bagian terkecil makanan yang menyangkit di behel Anda dan tidak bisa terjangkau sekalipun sudah menggunakan sikat gigi khusus. Nah, cara membersihkannya adalah dengan rajin menggunakan obat kumur yang akan efektif untuk menghilangkan sisa-sisa makanan sehingga tidak memicu timbulnya bakteri jahat dalam mulut.

3. Gunakan benang gigi

Selain obat kumur, benda yang juga efektif lakukan perawatan pada gigi behel adalah benang gigi. Benang gigi akan bantu untuk mengambil makanan tertinggal dalam mulut dan menjauhkan Anda dari plak atau bakteri lainnya.

4. Hindari permen karet dan makanan tekstur keras

Dengan tekstur permen karet tang kenyal dan mudah lengket, sebaiknya Anda mulai meninggalkan jenis makanan ini bila tidak ingin berdampak buruk pada gigi behel. Ya, permen karet berisiko tingi untuk menempel pada behel dan tertinggal di sana yang pastinya berdampak pada kesehatan gigi.

Tak hanya permen karet, Anda pun juga harus berupaya untuk menghindari makanan bertekstur keras. Makanan bertekstur keras juga berpotensi untuk tersangkut pada behel dan menjadikan perawatan gigi behel makin susah untuk dilakukan.

5. Rajin sikat gigi setelah makan

Perawatan gigi behel juga menuntut Anda untuk selalu rutin menggosok gigi setelah makan. Ketika Anda memakai behel, potensi makanan untuk tersangkut sangatlah besar dan pastinya menjadikan Anda tak nyaman, terlebih bila Anda sampai sakit gigi.

Nah, bila selama ini Anda adalah orang yang cukup mengabaikan gosok gigi setelah makan, pasca menggunakan gigi behel, Anda harus segera mengubah kebiasaan buruk tersebut bila tak ingin mendapatkan masalah yang susah diatasi dengan kondisi gigi berbehel.

Itulah lima perawatan gigi behel yang perlu Anda tahu untuk mendapatkan perawatan dan bentuk gigi yang maksimal. Selain itu, jangan lupa pula untuk selalu rutin melakukan kunjungan ke dokter guna mengetahui perkembangan terkini dari gigi behel Anda.

Salam Sehat.

Artikel Kesehatan - Punya Gigi Behel? Intip 5 Cara Perawatannya!, is Posted Under Tags: , , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response