Cara Mudah Membuat Cilok Bandung Ayam Bumbu Kacang

By On Friday, March 31st, 2017 Categories : Kuliner

Cilok Bandung Ayam Bumbu Kacang

Meski disukai banyak orang, namun tidak banyak yang tahu cara bikin cilok. Bagi masyarakat Bandung, cilok adalah jajanan murah yang memiliki rasa cukup lezat. Sehingga penggemar cilok sangat beragam yang berasal dari berbagai kalangan. Bahkan kini cilok Bandung tidak hanya menjadi jajanan khas Bandung saja. Melainkan telah menjadi jajanan nasional yang disukai semua orang dari penjuru negeri. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah karena cilok dijual bebas. Tidak hanya pedagang keliling, bahkan food court di mall juga menjual cilok.

Cara Bikin Cilok Bandung Isi Ayam

Cilok adalah jajanan yang terbuat dari aci atau tepung kanji. Bentuknya bulat dan banyak orang yang menyantapnya dengan cara ditusuk menggunakan lidi. Dulunya cilok dibuat sangat sederhana. Namun perkembangannya, cilok dibuat dengan banyak sekali varian. Dari mulai isi abon hingga daging sapi. Variasi isi cilok ini membuat banyak orang semakin berminat untuk berburu cilok. Salah satu isi cilok yang sangat populer adalah cilok isi ayam. Tidak berbeda jauh dengan cara buat cilok, untuk membuat cilok isi ayam juga sangat mudah.

Untuk membuat cilok isi ayam, Anda hanya perlu menambahkan isi daging ayam. Isian daging ayam ini bisa Anda buat dengan cara yang sama seperti membuat isian lemper. Anda hanya perlu menghaluskan daging ayam dan menumisnya dengan beberapa bumbu. Salah satu bumbu yang dapat Anda gunakan adalah bawang putih. Selain bawang putih, gunakan juga garam, merica dan bumbu penyedap untuk membuat isian ayam terasa lebih lezat. Selanjutnya, Anda hanya perlu membuat cilok sesuai dengan resep bikin cilok yang ada.

Cara Mudah Membuat Cilok Bandung


Bahan Membuat Cilok Ayam

Bahan dasar membuat cilok tidaklah rumit. Anda bisa mendapatkannya di pasar atau supermarket terdekat. Beberapa bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat cilok antara lain:

  • Tepung terigu dan tepung kanji masing-masing sebanyak sebanyak 200 gram
  • Untuk bumbu adonan cilok, Anda hanya perlu menyiapkan garam, bawang putih, merica, kaldu ayam, air dan juga daun bawang.
  • Untuk isian ayam, Anda harus menyiapkan daging ayam sebanyak 300 gram. Gunakan bawang putih, merica, garam, penyedap rasa ayam dan minyak goreng untuk menumisnya.
  • Sebelum praktik langsung cara buat cilok Bandung, Anda juga harus menyiapkan bahan saus kacang terlebih dahulu. Sehingga saat disajikan, cilok akan terasa lebih menggugah selera. Bahan saus kacang adalah gula, garam, cuka, 150 gram kacang tanah yang disangrai dan air secukupnya sesuai selera.

Untuk membuat saus kacang, Anda harus memastikan kacang disangrai sampai matang. Gunakan api kecil sehingga kacang dapat matang sempurna dan tidak gosong. Kacang yang telah disangrai sempurna harus dihaluskan terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan blender atau menguleg kacang hingga halus. Campuri kacang yang telah halus dengan cuka, gula, garam dan air. Aduk hingga merata sampai kacang dan bahan tambahan tercampur rata. Masak adonan kacang sebentar hingga saus kacang lebih kental. Setelahnya, Anda harus segera melakukan cara bikin cilok Bandung.


Cara Membuat Cilok Ayam Bandung

Perbedaan cara bikin cilok isian dengan cilok biasa hanya pada cara membuat isiannya saja. Anda harus meluangkan waktu ekstra untuk membuat isiannya terlebih dahulu sebelum membuat cilok. Untuk membuat isian cilok Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

  • Daging ayam harus dicincang atau digiling lebih dahulu sebelum ditumis.
  • Haluskan bumbu seperti bawang putih, lada, garam dan penyedap. Tumis bumbu setelah dihaluskan. Tunggu sampai tumisan mengeluarkan bau harum.
  • Campurkan daging ayam ke dalam tumisan. Angkat setelah matang dan daging ayam telah bercampur rata dengan bumbu yang dihaluskan. Isian siap digunakan sebagai pelengkap cara buat cilok Bandung.

Jika Anda sudah menyiapkan isian ayam, langkah selanjutnya adalah membuat adonan untuk cilok. Adonan ini harus dibuat dengan takaran bahan yang pas sehingga adonan dapat dibentuk bulat seperti baso. Jika takaran tidak sesuai, cilok buatan Anda bisa terlalu lembek sehingga tidak dapat dibentuk bulat. Atau resep membuat cilok Bandung dengan takaran yang tidak tepat dapat membuat cilok sangat keras dan susah dimakan. Berikut ini langkah-langkah membuat cilok Bandung isi ayam:

  • Mencampur tepung kanji dengan bahan cilok seperti merica dan garam. Usahakan mencampurkannya dengan rata sehingga smeua bahan tercampur menjadi satu.
  • Rebus air hingga mendidih, masukkan bawang putih yang telah dihaluskan terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menambahkan kaldu ayam bubuk. Biarkan air hingga mendidih dan campurkan kanji. Usahakan kanji mampu bercampur dengan rata sehingga cara membuat cilok bumbu kacang yang Anda lakukan akan sukses.
  • Kanji yang tercampur dengan baik dalam air akan menjadi adonan. Masukkan tepung terigu dengan bumbu tadi ke dalam adonan kanji. Aduk kanji dan tepung terigu sampai benar-benar rata. Uleni adonan hingga kalis dan tidak lagi terasa lengket di tangan. Saat inilah Anda bisa mulai membentuk adonan menjadi bulat seperti baso atau berdasarkan keinginan Anda. Jangan lupa untuk memasukkan isian ayam selama membentuk bulatan cilok.
  • Sebelum membuat bentuk bulat-bulat cilok, Anda harus menyiapkan air mendidih terlebih dahulu. Biarkan air di atas kompor dengan api kecil. Untuk memastikan resep cilok bumbu kacang yang Anda buat tidak gagal, air harus dalam kondisi panas mendidih.
  • Masukkan ¬†cilok yang telah dibentuk bulat ke dalam air mendidih. Rebus cilok hingga matang atau sampai cilok mulai mengambang. Saat cilok mulai mengambang, Anda bisa mulai mengangkat dan meniriskannya.
  • Sajikan cilok saat masih terasa hangat. Jangan lupa untuk menyajikannya bersama saus kacang yang telah Anda buat sebelumnya. Resep cilok ayam ini dapat Anda praktikkan langsung di rumah untuk camilan sehat buah hati Anda.

Selamat Mencoba dan Salam Burangir.

Leave a Reply

3 Comments

  1. Waw… Coba dulu ah… Pasti Mantaf nih…

  2. Wah mantap nih… di jamin jos, makasih infonya

  3. Mantap jajanan bandung

Leave a Response