Inilah Cara Mengobati Luka Bernanah yang Bisa Anda Terapkan

By On Sunday, February 19th, 2017 Categories : Kesehatan

mengobati luka bernanah
penting sekali untuk menjaga kebersihan ketika sedang mengalami luka.

Anda bisa mengobati luka bernanah di rumah tanpa memerlukan penanganan medis yang lebih lanjut di dokter atau rumah sakit. Meskipun begitu perlu diingat bahwa luka bernanah yang sudah masuk ke dalam tingkat lanjut harus segera ditangani oleh dokter. Karena jika tidak bisa menimbulkan infeksi yang tentunya akan berbahaya bagi keadaan tubuh.

Selain itu luka bernanah akan membuat kita terlihat tidak sehat karena bisa juga membawa masalah lainnya seperti contohnya adalah infeksi pada kulit dan tubuh, oleh karena itu segera mengobatinya adalah cara paling bijak. Berikut ini akan dijelaskan cara pengobatannya.

Mengobati luka bernanah di rumah

Sebuah luka tentunya akan semakin parah jika tidak segera diobati. Bahkan walaupun hanya luka gores saja di tangan, tetapi jika anda tidak segera melakukan pengobatan, maka akan berbahaya bagi tubuh anda. Tidak jarang luka mengeluarkan nanah yang kurang sedap untuk dilihat. Sebenarnya nanah juga bisa keluar akibat penyakit dalam.

Tidak selalu muncul karena luka. Penyakit yang bisa menyebabkan luka bernanah misalnya seperti diabetes melitus atau yang juga dikenal sebagai kencing manis. Jika penderita kencing manis mengalami luka walaupun hanya segores saja, dan tidak segera ditangani, maka luka biasanya akan mengeluarkan nanah.

ilustrasi luka bernanahPada tingkatan yang lebih parah lagi, luka bernanah pada penderita diabetes melitus bisa sampai mengeluarkan bau busuk dan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Maka dari itu luka bernanah harus segera diobati. Salah satu pengobatan luka bernanah untuk penderita diabetes adalah dengan rajin membersihkan luka menggunakan air.

Lalu setelah itu tunggu hingga luka mengering. Kemudian oles dengan menggunakan rivanol atau obat sejenisnya yang biasa digunakan untuk membersihkan luka. Jika nanah kembali keluar dari dalam kulit, maka segera bersihkan kembali dengan melakukan cara yang sama. Intinya jangan membiarkan luka membusuk karena bisa menimbulkan infeksi yang efeknya lebih tidak baik lagi.

Pengobatan untuk luka bernanah juga bisa dilakukan dari dalam. Cara mengobati luka bernanah dari dalam yaitu dengan banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat setiap harinya. Misalnya seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan ditambah dengan rajin minum air putih. Jika luka terasa sakit, anda boleh minum obat penghilang rasa sakit dengan dosis yang dianjurkan.

Sebagian dari anda mungkin belum mengetahui darimana asal luka bernanah. Ketika sedang ada luka di bagian tubuh, tidak jarang juga muncul air. Luka yang berair ini bukan nanah, tetapi juga bukan darah. Luka yang berair ini adalah darah kotor dari luka tersebut. Timbulnya luka yang berair ini diakibatkan karena luka terlalu sering digaruk sehingga tidak kunjung sembuh.

Inilah sebenarnya kenapa luka tidak boleh digaruk. Selain menimbulkan nanah atau menjadi berair, luka juga bisa menyebabkan bisul yang awal mulanya berbentuk seperti bintik kecil. Akhirnya bisa menjadi besar. Meskipun ketika dibiarkan, bisul ini bisa bertambah besar. Jika diutak-atik justru bisa menimbulkan luka.

Maka dari itu penting sekali untuk menjaga kebersihan ketika sedang mengalami luka. Terutama luka yang cukup besar atau dalam. Karena hal ini berhubungan langsung dengan bagian dalam tubuh. Seringlah mengganti penutup luka dengan yang baru dan selalu membersihkan luka dengan rivanol atau obat-obatan yang dibutuhkan.

Salam Sehat.

Artikel Kesehatan - Inilah Cara Mengobati Luka Bernanah yang Bisa Anda Terapkan, is Posted Under Tags: , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response