Cara Masak Ayam Asam Manis dan Sayur Ayam
Ayam Asam Manis dan Sayur Ayam

Cara Masak Ayam Asam Manis dan Sayur Ayam

By - On 2 July 2017 - Categories : Kuliner

Ayam menjadi salah satu bahan utama favorit masakan karena cara masak sayur ayam yang sangat mudah. Hingga banyak kreasi masakan yang menggunakan ayam sebagai bahan utamanya. Dibandingkan jenis daging lainnya, ayam jauh lebih mudah dimasak. Waktu yang dibutuhkan untuk memasak ayam juga tidak terlalu lama sehingga sangat menghemat waktu. Lebih dari itu, ayam memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah hebat dengan jenis daging lainnya seperti sapi. Karena itu tidak salah jika banyak orang yang sangat menyukai ayam sebagai bahan utama masakannya.

Resep Masakan Sayur Ayam

Cara masak sayur ayam menentukan kualitas ayam yang dikonsumsi. Mengingat kandungan nutrisi daging ayam yang sangat tinggi, berbagai macam kreasi masakan ayam menjadi menu wajib keluarga. Namun cara memasak ayam yang keliru justru akan menghilangkan kandungan nutrisi di dalamnya. Salah satu resep masakan ayam yang terjamin cara mengolahnya adalah sop ayam. Semua orang terutama ibu rumah tangga tentu tidak lagi asing dengan menu sop ayam ini. Olahan ayam dengan rasa lezat serta kandungan nutrisi yang sangat tinggi.


Coba Resep Lainnya:
Resep dan Cara Memasak Rendang Sapi Padang Yang Enak
Aneka Resep Masakan Sayur Enak Dengan Beberapa Bahan


Cara Masak Sayur Ayam

Sop ayam adalah masakan ayam yang banyak digemari semua orang. Tidak hanya ayamnya yang lezat tapi kuah dan sayurnya juga sangat bermanfaat dikonsumsi. Jika Anda meminumnya saat masih panas, gejala flu hingga tubuh yang tidak bersemangat akan hilang. Untuk membuat sop ayam, bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah sebagai berikut:

  • Daging ayam segar. Sangat disarankan menggunakan ayam kampung karena mampu menghasilkan kuah yang lebih gurih dan segar.
  • Baso dan udang jika Anda menyukainya. Jika tidak Anda tidak perlu menambahkannya.
  • Kentang, wortel, buncis dan kol.
  • Daun bawang, seledri, tomat dan jahe
  • Untuk bumbu sop ayam, Anda hanya perlu bumbu dapur sederhana. Bawang merah, bawang putih, merica dan kemiri yang disangrai. Haluskan bumbu dan tumis.

Sama halnya dengan bahan-bahan untuk membuat sop ayam yang sangat mudah. Untuk memasak sop ayam juga tidak rumit. Anda hanya perlu mendidihkan air dan memasukkan ayam yang telah dipotong ke dalamnya. Masukkan daun bawang dan juga seledri ke dalam rebusan ayam. Rebus ayam dalam api sedang untuk memastikan ayam matang tidak terlalu lembek. Memasukkan bumbu sop yang telah ditumis dan aduk merata hingga semua bumbu dan ayam bercampur. Hal ini akan menambah cita rasa ayam.

Masukkan jahe yang telah dimemarkan. Kemudian masukkan semua jenis sayuran dan bahan pendamping seperti baso serta udang. Untuk memberikan rasa, masukkan garam dan gula dengan proporsi yang seimbang sesuai dengan selera Anda. Berikan irisan tomat dan aduk kembali hingga semua bahan, sayuran dan bumbu tercampur rata. Tunggu hingga ayam terasa empuk, baru angkat dan sajikan. Jangan lupa taburi bawang goreng di atasnya untuk membuat aromanya semakin harum dan merangsang nafsu makan.


Cara Masak Ayam Asam Manis

Tidak berbeda dengan sop ayam, cara masak ayam asam manis juga cukup mudah. Bahan-bahan yang digunakan juga tidak terlalu rumit. Anda bisa mendapatkan ayam dan bahan-bahan lainnya di pasar atau supermarket terdekat.

Berikut ini bahan yang Anda butuhkan untuk memasak ayam asam manis yang menggugah selera:

  • Ayam potong menjadi beberapa bagian
  • Bahan lumuran ayam adalah garam, jeruk nipis dan bawang putih
  • Untuk saus asam manis, Anda membutuhkan saus tomat yang bisa Anda buat sendiri dengan tomat. Bawang bombay, bawang putih, margarin, gula pasir, garam, jeruk nipis, jahe, jeruk manis, buah nenas iris kecil, kecap manis sesuai selera, tepung maizena yang telah dilarutkan dalam air.

Langkah pertama membuat ayam asam manis adalah dengan mengolah ayam terlebih dahulu sebelum digoreng. Anda harus melumuri ayam dengan garam, bawang putih dan jeruk nipis. Lumuri merata hingga ke seluruh permukaan ayam. Simpan ayam selama 15 menit sebelum digoreng. Setelah 15 menit dibiarkan, Anda dapat menggorengnya dengan minyak panas sampai kering dan warnanya berubah kecoklatan.

Sebelum disajikan, Anda harus membuat bumbu asam manis. Siapkan margarin dan mulai panaskan. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai aromanya yang harum mulai tercium. Setelah tercium harumnya, masukkan saus tomat, gula, garam, jahe, air jeruk nipis dan manis. Aduk semua bahan hingga merata. Setelahnya tuangkan maizena cair. Aduk hingga merata dan saus mendidih. Masukkan kecap manis serta buah nanas yang diiris tipis. Aduk terus hingga saus mendidih dan mulai mengental. Saat saus mengental, Anda dapat mengangkatnya.


Anda Bisa Menyajikan Ayam Dengan Saus Asam Manis Ini

Cara penyajian ayam asam manis ini sangat mudah. Anda hanya perlu meletakkan ayam yang telah digoreng ke dalam piring saji. Setelahnya, Anda hanya perlu menyiram ayam yang tersaji dengan bumbu asam manis yang telah Anda masak.

Siramkan bumbu asam manis merata ke seluruh permukaan ayam. Hal ini akan membuat saus asam manis meresap ke dalam daging sehingga lebih sedap saat disantap. Cara masak ayam asam manis yang sangat mudah ini dapat Anda praktikkan langsung di rumah untuk santapan lezat dan bernutrisi tinggi keluarga.

Artikel Kuliner - Cara Masak Ayam Asam Manis dan Sayur Ayam, is Posted Under Tags: , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response