Berapa Lama Asi Eksklusif Untuk Bayi ?

By On Friday, March 3rd, 2017 Categories : Kesehatan

ASI eksklusif
Apabila proses menyusui dilakukan dengan baik maka akan memberikan kepuasan pada ibu dan bayi

ASI eksklusif untuk bayi ? – Berapa lama untuk menyusui adalah keputusan pribadi untuk setiap Ibu. WHO merekomendasikan Asi eksklusif selama enam bulan dan kemudian dilanjutkan dan dikombinasikan dengan makanan padat selama 1 – 2 tahun atau selama ibu dan bayi menginginkanya.

Baca Juga :
Bahaya dan Cara mengetasi Cegukan Pada Bayi
Makanan Sehat Bayi yang Terbaik Di Usia 9 Bulan

Jika anda hanya menyusui sesering mungkin sang bayi akan menerima banyak manfaat. Beberapa manfaat Asi eksklusif yang diberikan pada usia dan tahap kehidupan bayi adalah :

  • Menyusui Asi eksklusif selama 4-6 minggu

Bayi akan mendapat pengalaman yang terupakan saat dia kecil, bayi yang menkonsumsi ASI eksklusif terhindar dari penyakit dari pada yang tidak menkonsumsinya.

  • Menyusui Asi eksklusif selama 3-4 bulan

3 – 4 bulan pertama akan melindungi bayi terhadap alergi dan memberikan perlindungan terhadap infeksi telinga selama satu tahun, Sistem pencernaannya akan sempurna dan dia akan jauh lebih mampu mentolerir zat asing dalam susu bayi formula.

  • Menyusui Asi eksklusif selama 6 bulan

Menghindari resiko Bayi dari infeksi telinga dan kanker dan mengurangi resiko kanker payudara untuk anda sendiri.

  • Menyusui Asi eksklusif selama 9 bulan

Otak dan tubuh akan bertumbuh karena mendapatkan asupan ASI yang cukup.

  • Menyusui Asi eksklusif selama 12-24 bulan

Anak akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Apabila proses menyusui dilakukan dengan baik maka akan memberikan kepuasan pada ibu dan bayi. Bayi akan merasa aman dan dapat merasakan kehangatan tubuh ibu dan juga mendengar denyut jantung ibu. Ibu menyusui sampai anak berusia 2 tahun. Sejak usia 6 bulan bayi perlu memperoleh makanan pendamping Asi eksklusif.

Bayi Anda akan memerlukan suplemen vitamin D segera setelah lahir. Bicaralah dengan Dokter Anda tentang jumlah dan jenis suplemen vitamin D yang terbaik untuk bayi Anda. Para ahli juga menyarankan agar Anda terus menyusui bayi Anda sampai dia berusia setidaknya 12 bulan setelah ia mulai makan makanan padat. Anda dapat menyusui lebih lama jika Anda memilih untuk.

Para ahli merekomendasikan bahwa memberikan Asi eksklusif saja sampai ia berusia 6 bulan. Menyusui selama 6 bulan pertama dapat menurunkan risiko bayi Anda untuk penyakit. Penyakit ini termasuk pernafasan (paru-paru) infeksi, alergi, asma, dan masalah perut.

Salam Burangir Sehat.

Artikel Kesehatan - Berapa Lama Asi Eksklusif Untuk Bayi ?, is Posted Under Tags: , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response