Abses Gigi: Pengertian, Penyebab, & Obat Herbal untuk Mengobatinya

By On Tuesday, June 13th, 2017 Categories : Kesehatan

Abses Gigi
Abses Gigi

Apa itu abses gigi ? apa yang memicu terjadinya penyakit ini? dan, bagaimana pengobatannya? Jika salah satu dari pertanyaan di atas ada di dalam benak hati anda, maka anda bisa simak artikel ini baik-baik. Sebuah penyakit yang mungkin pernah anda alami, namun tidak pernah tahu sebelumnya apa nama penyakitnya.

Pengertian abses gigi

Abses sendiri adalah sebuah penyakit yang bisa dikenali dengan adanya penimbunan nanah pada bagian tubuh mana saja (kulit/luar dan dalam). Ini cukup mengejutkan, karena kebanyakan orang mengira bahwa abses hanya bisa terjadi di luar bagian tubuh, namun faktanya penyakit abses atau nanah ini juga bisa “membentukkan dirinya” di dalam bagian tubuh manusia. Abses yang muncul memungkinkan terjadinya peradangan dan pembengkakan di daerah sekitar penyakit tersebut.

Abses gigi merupakan satu dari beberapa macam jenis abses yang ada, penyakit yang muncul di bagian dalam tubuh manusia ini biasanya ditandai dengan munculnya rasa sakit berdenyut pada gigi sehingga seseorang mungkin akan merasa kesulitan ketika harus mengunyah makanan.

Selain itu, demam dan terjadinya perubahan bentuk pipi menjadi terlihat bengkak juga turut menandai munculnya penyakit gigi ini.

Baca Juga :
Cara Alami Meredam Sakit Gigi Dengan Cepat
Mengatasi Masalah Gigi Sensitif Dengan Air Garam
9 Tip Merawat Gigi Susu Anak Supaya Tetap Sehat

Penyebab terjadinya penyakit abses gigi

Penyebab abses gigi salah satunya adalah jarang sikat gigi. Ya, akibat dari malasnya seseorang untuk menjaga kebersihan giginya dapat menyebabkan sekelompok bakteri berkumpul dan menyerang bagian mulut tepatnya bagian gigi sampai ke akarnya.

Penyebab lainnya adalah terlalu seringnya seseorang mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula sehingga dapat memicu naiknya kadar gula.

3 ramuan obat yang bisa diterapkan pada penderita abses


Ramuan pertama

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:

  1. Siapkan terlebih dahulu 10 lembar daun iler yang masih segar (daun iler biasa disebut juga dengan; jawer kotok, kentangan, miana).
  2. Air secukupnya.

Cara mengolah bahan-bahannya:

  1. Cucilah terlebih dahulu daun iler yang sudah anda persiapkan, setelah itu ambillah ulekan atau alat lainnya yang bisa anda gunakan untuk menghaluskan daun iler tersebut.
  2. Kemudian ambil mangkuk dan taruh hasil ulekannya di dalamnya, tambahkan juga sedikit air bersih, lalu aduk hingga merata.

Aturan pakai:

  • Anda bisa langsung menggunakan hasil ramuan tersebut untuk mengobati abses gigi dengan cara menempelkannya ke area gigi yang dirasa sakit.
  • Tunggu hingga beberapa jam sesuai keinginan.
  • Anda dapat menerapkan pengobatan ini satu hari sekali.

Ramuan kedua

Bahan-bahan:

  1. Siapkan bunga kembang telang berwarna biru yang bisa anda temui di hutan atau mungkin di pekarangan rumah pendukuk, karena biasanya orang menanamnya sebagai tanaman hias.
  2. Gula jawa secukupnya saja.

Cara mengolah:

  1. Cuci terlebih dahulu bunga kembang telang tersebut lalu haluskan dengan cara ditumbuk.
  2. Campurkan juga gula jawa secukupnya, tumbuk juga hingga menjadi halus.
  3. Pindahkan ke mangkuk kecil hasil ramuan obat tersebut.

Aturan pakai:

  • Caranya sangat amat mudah, anda cukup mengoleskan ramuan obat tersebut pada bagian abses gigi yang diderita.

Ramuan ketiga

Bahan-bahan:

  1. Tidak hanya bunga kembang telang yang bisa digunakan untuk mengobati abses gigi, namun kita juga bisa memanfaatkan daun dari kembang telang tersebut. Siapkanlah daun kembang telang secukupnya.
  2. Air garam secukupnya.

Cara mengolah:

  1. Cuci bersih daun kembang telang dan masukkan ke dalam blender, bersamaan dengan air garam yang sebelumnya sudah dipersiapkan.
  2. Tunggu sebentar hingga kedua bahan tersebut benar-benar halus dan menjadi sebuah adonan.

Aturan pakai:

  • Sekarang hasil ramuan obat yang sudah anda buat bisa langsung diterapkan dengan cara mengoleskannya ke bagian abses gigi.

3 ramuan obat abses di atas tidak hanya bisa digunakan untuk mengobati abses gigi, namun juga bisa diterapkan pada bagian tubuh lainnya yang terkena abses misalnya pada bagian luar seperti kulit. Anda bisa menerapkan salah satu dari 3 pengobatan di atas yang disuka atau bisa juga menerapkan semuanya di hari-hari yang berbeda. Salam sehat!

Artikel Kesehatan - Abses Gigi: Pengertian, Penyebab, & Obat Herbal untuk Mengobatinya, is Posted Under , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response