6 Tips Menjaga Kesehatan Usus

By On Thursday, November 3rd, 2016 Categories : Kesehatan

6 Tips Menjaga Kesehatan Usus
Sebuah sistem usus yang berfungsi membuat Anda tetap sehat dengan menyerap apa yang dibutuhkan tubuh Anda. Ada dua bagian untuk usus manusia: usus halus dan besar. Masing-masing memiliki tujuan tertentu. (Img: Google)

6 Tips Menjaga Kesehatan Usus. Kesehatan tubuh merupakan hal yang sangat penting dan perlu untuk diperhatikan. Utamanya beberapa organ penting dalam tubuh anda. Dalam sistem pencernaan usus menjadi sangat penting fungsinya mengingat makanan akan melalui usus sebelum dicerna di beberapa organ lainnya. Sehingga janganlah pernah menganggap remeh kesehatan usus anda sebab akan mempengaruhi sistem pencernaan.

Usus adalah bagian dari sistem pencernaan yang bermula dari lambung hingga anus. Pada usus terdiri dari dua bagian: usus kecil dan usus besar (kolon). Pada usus kecil terbagi lagi menjadi duodenum, jejunum, dan ileum, sedangkan usus besar terbagi menjadi cecum, kolon, dan rektum. Secara makroskopis, usus halus dibagi menjadi duodenum, jejunum dan ileum yang kontinyu satu sama lain dan pada dasarnya mempunyai struktur histologis hampir sama [wikipedia]

6 Tips Menjaga Kesehatan Usus Sejak Dini

1. Makan dengan porsi kecil namun sering

Mengonsumsi makanan dalam jumlah besar akan sangat berbahaya bagi usus sebab usus akan bekerja dengan sangat keras. Oleh karena itu teknik makan juga sangat diperlukan, yaitu makanlah dalam porsi kecil namun sering agar kebutuhan akan asupan makanan anda tetap terjaga agar usus tetap sehat.

2. Konsumsi makanan segar

Pastikan bahwa makanan yang anda konsumsi adalah makanan yang segar. Hindari makanan yang mengandung pengawet sehingga anda bisa menjamin bahwa makanan yang anda konsumsi mengandung serat yang banyak dan Usahakan mengonsumsi buah yang dapat membersihkan usus.

Baca Juga : 5 Makanan Sehat untuk Pertumbuhan Anak

3. Konsumsi makanan berbakteri probiotik

Bakteri tidak semuanya memberikan kerugian, bakteri jahat akan sangat baik bagi usus anda atau lebih dikenal dengan probiotik. Sangat banyak minuman yang disediakan sengaja untuk membentuk probiotik pada usus.

4. Kurangi gula

Saat mengonsumsi gula usus akan bekerja dengan keras, oleh karena itu kurangilah mengonsumsi gula agar kesehatan usus anda terjaga.

5. Kurangi stress

Saat anda stress maka usus juga akan terganggu, hal ini disebabkan fungsi pencernaan yang diatur oleh saraf tertentu akan terganggu pula. Selain itu beberapa gerakan usus yang diatur oleh saraf tersebut akan mengalami gangguan.

Baca Juga : Penyebab Stres dan Cara Menanganinya

6. Istirahat cukup

Istirahat yang cukup akan memberikan anda kesehatan yang baik utamanya bagi kesehatan pencernaan. Saat beristirahat usus juga akan ikut beristirahat dan memberikan usus anda kesehatan.

Itulah 6 Tips Menjaga Kesehatan Usus anda agar tetap sehat.

Semoga dengan tips diatas sahabat Burangir dapat menjaga ususnya agar dapat mencerna dengan baik.

Artikel Kesehatan - 6 Tips Menjaga Kesehatan Usus, is Posted Under Tags: , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response