Makanan Tinggi Protein Yang Baik Untuk Diet
Makanan Tinggi Protein

5 Makanan Tinggi Protein Yang Baik Untuk Diet

By - On 7 September 2017 - Categories : Diet

Makanan Tinggi Protein Yang Baik Untuk Diet – Pasti anda sering mendengar kata protein, terutama bagi anda yang sering pergi ke gym. Di gym kita dianjurkan untuk mengkonsumsi protein dengan benar agar perkembangan otot dapat maksimal.

Untuk memasukkan protein ke dalam tubuh, biasanya dianjuran untuk memakan daging merah (tapi tidak digoreng). Tapi apakah daging satu-satunya sumber protein? Tentu tidak.

Apa itu protein?

Protein adalah rangkaian molekul yang terdiri dari asam amino, yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Selain itu, setiap protein mengandung mineral seperti:

  • Nitrogen
  • Oksigen
  • Karbon
  • Hidrogen
  • Fosfor (ditemukan di sebagian besar protein tapi tidak semua sumber protein)

Setiap protein ditemukan di sebagian besar sel tubuh yang membuat protein penting dikonsumsi. Intinya, protein berperan aktif dalam proses biologis tubuh.

Baca Juga :
Makanan Penurun Kadar Kolesterol
Diet Rendah Kalori ? Hindari 10 Jenis Makanan ini

Fungsi Protein

Mengingat bahwa protein terlibat dalam sebagian besar aktivitas tubuh, jadi protein memainkan peran penting dalam proses pertumbuhan. Selain itu, protein juga membantu membawa oksigen melalui darah.

Protein adalah komponen fundamental dari enzim, beberapa hormon, dan bahkan antibodi yang bertanggung jawab dalam mempertahankan tubuh dari zat membahayakan yang datangnya dari luar tubuh.

Makanan Tinggi Protein Yang Baik Untuk Diet

Memakan makanan berprotein adalah cara paling mudah untuk memasukkan protein ke dalam tubuh. Untuk tujuan ini, disarankan menerapkan diet seimbang dan benar-benar sehat.

Perlu anda diketahui makanan mana yang kaya akan protein dan rendah lemak sehingga bisa anda konsumsi dalam jumlah banyak. Pada artikel ini, kami akan membicarakan makanan berprotein tinggi yang dianjurkan untuk dikonsumsi.

1. Selada air

Makanan Tinggi Protein Yang Baik Untuk Diet, yang pertama aadalah Selada Air, Meski namanya mungkin tidak begitu asing bagi kita, selada air adalah salah satu sayuran paling banyak ditemukan di dunia. Sesuai namanya, sayur ini tumbuh di tempat yang banyak air. Selada air banyak tumbuh di Asia dan Eropa.

Selada air mudah ditemukan di pasar yang menjadikannya pilihan yang sangat sederhana dan berkontribusi besar pada diet seimbang dan diet sehat. Sayur ini mengandung 1,6 g protein dalam setiap 100 g.

2. Kacang-kacangan

Banyak orang makan kacang-kacangan hanya karena sebagai makanan pelengkap, tapi untungnya kacang-kacangan juga memberi manfaat yang banyak bagi tubuh. Makanan ini mengandung protein yang tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi.

Setiap jenis kacang mengandung sejumlah protein berbeda-beda, masing-masing mengandung 17 gram protein dalam porsi 100 gram. Berikut kacang-kacangan kaya protein yang dianjurkan untuk dikonsumsi:

  • Kacang mete
  • Kacang almond
  • Kacang pistasi

3. Artichoke

Artichoke atau bunga artichoke memiliki nama ilmiah cynara scolymus. Sayur ini cukup terkenal karena khasiat dan nutrisinya tapi juga karena sayur ini kaya akan protein. Sayur ini tidak hanya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, tapi juga membantu penurunan berat badan. Terdapat 3,3 gram protein dalam setiap 100 gram artichoke.

4. Brokoli

Salah satu dari banyak alasan mengapa brokoli adalah sayuran yang kaya manfaat dan merupakan Makanan Tinggi Protein Yang Baik Untuk Diet karena mengandung protein dalam jumlah besar. Terdapat sekitar 11,1 gram protein dalam setiap 100 gram brokoli mentah. Jumalah tersebut membuat banyak orang membandingkannya dengan protein yang terdapat pada daging merah.

Untuk makanan yang terakhir, tentunya kami menganjurkan memakan ikan karena selain ikan adalah salah satu makanan berprotein yang mudah didapat dan perlu anda konsumsi. Ikan tidak hanya mengandung asam lemak omega 3, tapi juga mengandung protein tinggi. Diperkirakan dalam porsi 85 gram ikan, sekitar 27 gramnya adalah protein.

Artikel Diet - 5 Makanan Tinggi Protein Yang Baik Untuk Diet, is Posted Under Tags: , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response