5 Jenis Penyakit Yang Menular Wajib Dihindari
Mencegah akan lebih baik dari pada mengobati, Itulah pepatah yang sering terucap dan kita juga sering lalai dalam menjalankannya. Daftar jenis penyakit menular sudah banyak dan seringkali membuat si penderita merasa menyesal karena tidak bisa menghindarinya.

5 Jenis Penyakit Yang Menular Wajib Dihindari

By - On 29 July 2017 - Categories : Kesehatan

Penyakit menular merupakan penyakit yang berpindah dari orang yang menderita penyakit tersebut ke orang lain bisa langsung atau melalui perantara. Jenis penyakit yang menular dan sering di alami oleh banyak orang dan bahkan telah menjadi penyakit mematikan yang tinggi adalah penyakit TBC. Namun selain penyakit tersebut masih banyak sekali jenis penyakit menular lainnya yang wajib anda hindari.

Jenis penyakit menular memiliki beberapa media sebagai alat penularan. Dan media yang sering jadi pemicu terjadinya penyakit menular adalah udara. Misalnya TBC yang bisa menular lewat nafas si penderita yang mencemari udara. Begitu juga dengan melalui benda seperti rokok, yang akan dapat memicu terjadinya penyakit walaupun tidak menular.

5 Jenis Penyakit Yang Menular Dengan Cara Penularannya

Penyakit menular kerap dan sering terjadi akibat kuman yang mampir ke tubuh. Kuman yang di sebut dengan pathogen ini bisa berupa amoeba, bakteri, virus, jamur atau benda asing lainnya yang dibawa oleh penderita penyakit tersebut. Cara penularan penyakit menular sendiri dibagi menjadi 5 yaitu:

1. Penyakit Menular Dengan Cara Melalui Air

Jenis penyakit menular dengan cara ini, biasanya proses penularan bisa melalui makanan atau minuman. Dan contoh jenis penyakit yang sering menular yaitu:

  • Kolera
  • Tifus
  • Disentri

 

2. Penyakit Menular Dengan Cara Melalui Udara

Untuk penyakit yang sering menular melalui udara ini dikarenakan udara bisa mengkontaminasi penyakit tersebut melalui udara dan pernafasan. Contoh jenis penyakit menular yang sering terjadi yaitu:

  • Sars
  • TBC
  • Flu burung

 

3. Penyakit Menular Dengan Cara Melalui Alat Kelamin

Jenis penyakit menular yang satu ini biasanya akan dialami bagi mereka yang memiliki dan sedang berhubungan intim. Contoh jenis penyakitnya:

  • Sifilis
  • AIDS/HIV
  • HPV

 

4. Penyakit Menular Dengan Cara Melalui Kulit

Untuk jenis penyakit yang menular melalui cara ini biasanya ini akan terjadi, jika si penderita telah bersentuhan kulit dengan orang yang sehat. Dan contoh penyakitnya:

  • Kudis
  • Herpes
  • Kurap

 

5. Penyakit Menular Dengan Cara Melalui Binatang

Terakhir jenis penyakit yang sering menular ini akan bisa dialami dengan cara penularan melalui binatang, seperti melalui kotoran atau sesuatu dari binatang tersebut. Dan jenis penyakit yang sering terjadi adalah:

  • Ebola
  • Toxoplasma
  • Penyakit sapi gila

Mencegah akan lebih baik dari pada mengobati, Itulah pepatah yang sering terucap dan kita juga sering lalai dalam menjalankannya. Daftar jenis penyakit menular sudah banyak dan seringkali membuat si penderita merasa menyesal karena tidak bisa menghindarinya. Jenis penyakit yang menular biasanya ini disebabkan akibat bakteri atau virus yang masuk didalam tubuh, dimana tubuh tidak mampu melawan karena kurangnya imun dalam tubuh untuk melawannya. Salah satu cara termudah untuk tidak terkena penyakit menular adalah menjaga tubuh tetap sehat dengan cara simpel seperti berolah raga, mengatur pola makan dan tidur yang cukup. Semua akitivitas dan kegiatan yang ada disekeliling kita harus bisa diwaspadai dan anda bisa menjaganya.

Jenis jenis penyakit di atas adalah penyakit menular yang wajib dihindari, baik yang masih usia anak-anak, dewasa ataupun orang tua. Dan usahakan bahwa tubuh anda memiliki kekebalan imun yang cukup untuk menghindari dan bisa terhindar dari penyakit menular tersebut.

Semoga bermanfaat buat sobat pembaca burangir.com.

Artikel Kesehatan - 5 Jenis Penyakit Yang Menular Wajib Dihindari, is Posted Under Tags: , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response