5 Cara Efektif Mengatasi Kepala Pusing Tanpa Obat
Kepala Pusing

5 Cara Efektif Mengatasi Kepala Pusing Tanpa Obat

By - On 7 January 2018 - Categories : Kesehatan

Pusing sebenarnya bukanlah penyakit yang serius. Setiap orang pasti pernah merasakan kepala pusing. Pasalnya, ada banyak sekali hal yang bisa menyebabkan pusing pada bagian kepala tersebut.

Namun demikian, pusing pada bagian kepala tersebut juga bisa menjadi pertanda bahwa ada yang tidak beres dengan kesehatan tubuh anda. Jika memang rasa pusing di kepala cukup sering anda rasakan, maka sebaiknya segera konsultasikan hal tersebut dengan dokter.

5 Cara Efektif Mengatasi Kepala Pusing Tanpa Obat

Namun sebelum berkonsultasi dengan dokter, anda bisa mencoba 5 cara mengatasi kepala pusing tanpa menggunakan obat-obatan berikut ini terlebih dahulu:

1. Kompres bagian kepala yang pusing dengan es batu atau air es

Jika saat ini anda sedang sakit kepala, anda bisa mencoba cara mengatasi kepala pusing tersebut dengan menggunakan es batu maupun air es.

Kompres bagian kepala yang terasa pusing dengan menggunakan es batu maupun air es selama beberapa waktu.

Es batu atau air es memang efektif digunakan untuk mengatasi kepala pusing karena sifatnya yang dingin. Dengan mengompres bagian kepala yang pusing dengan air es atau es batu, maka rasa sakit di bagian kepala perlahan-lahan akan hilang.

2. Meminum 8 sampai 10 gelas air putih setiap hari

Cara mengatasi kepala pusing yang kedua adalah dengan meminum 8 sampai 10 gelas air putih setiap hari. Apa hubungan antara minum air putih dengan kepala pusing?

Menurut penelitian, pusing kepala bisa terjadi akibat tubuh mengalami dehidrasi. Ketika tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, secara otomatis fungsi otak juga akan terganggu.

Karena fungsi otak mulai terganggu, maka efeknya bisa menyebabkan kepala mulai merasa pusing. Oleh sebab itu, meminum air putih sebanyak 8 sampai 10 gelas per hari akan sangat membantu mengatasi maupun mencegah terjadinya pusing pada bagian kepala.

3. Konsumsi makanan yang banyak mengandung kalium

Jika anda sering pusing, coba konsumsi makanan yang banyak mengandung kalium. Apa itu kalium? Kalium adalah zat yang bisa membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

Karena bisa melancarkan peredaran darah di dalam tubuh, zat kalium jelas bisa digunakan sebagai solusi untuk mengatasi pusing pada bagian kepala.

Salah satu makanan yang cukup banyak mengandung kalium adalah kentang dan juga pisang. Jadi mulai sekarang, perbanyak makan kentang dan pisang jika anda sering merasa pusing.

4. Makan secara teratur

Cara mengatasi kepala pusing yang keempat adalah dengan makan secara teratur. Jangan pernah melewatkan sarapan, makan siang, maupun makan malam.

Kenapa? Karena ternyata pusing juga bisa disebabkan karena penyakit maag. Ketika maag kambuh, secara otomatis berbagai macam organ tubuh termasuk otak akan mengalami penurunan fungsi.

Oleh sebab itu, salah satu cara mengatasi kepala pusing paling efektif adalah dengan memastikan makan secara teratur setiap hari.

5. Pastikan cukup tidur

Satu lagi cara mengatasi kepala pusing tanpa obat yang sangat efektif adalah dengan memastikan waktu tidur anda cukup. Pusing ternyata juga bisa terjadi karena anda kurang tidur.

Ketika anda kurang tidur, maka berbagai macam organ tubuh tidak akan bisa bekerja secara optimal. Sebagai dampaknya, kepala biasanya akan merasakan pusing.

Jadi jika anda mulai merasakan pusing pada bagian kepala, anda bisa mencoba salah satu ataupun kelima cara mengatasi kepala pusing yang sudah dibahas di artikel ini.

Namun ingat, jika anda terus menerus merasakan pusing setelah melakukan 5 cara mengatasi kepala pusing tersebut, segera konsultasikan kondisi anda kepada dokter.

Artikel Kesehatan - 5 Cara Efektif Mengatasi Kepala Pusing Tanpa Obat, is Posted Under Tags: , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response