Cara Cerdas Membuat Rumah Terasa Lebih Luas
Cara Cerdas Membuat Rumah Terasa Lebih Luas

5 Cara Cerdas Membuat Rumah Terasa Lebih Luas

By - On 10 July 2018 - Categories : Asri

Saat ini sudah tak asing lagi untuk memiliki rumah bernuansa minimalis, namun bukan berarti rumah yang minimalis tidak bisa terasa luas. Ada banyak cara menata rumah yang dapat dilakukan oleh penghuni rumah untuk menciptakan hunian minimalis agar terasa lebih luas.

Namun ada 5 cara cerdas yang dapat Anda lakukan untuk membuat rumah minimalis Anda terasa lebih luas, yaitu:

Beberapa Cara Cerdas Membuat Rumah Terasa Lebih Luas


1. Cerdas memilih warna ruangan

Pada rumah minimalis, ada warna- warna yang tak boleh Anda gunakan agar konsep minimalis dan visual tidak menjadi rusak. Anda bisa menggunakan warna- warna monokrom seperti putih, hitam, abu- abu, atau coklat.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan warna favorit Anda pada rumah minimalis. Pada warna utama sebaiknya Anda menggunakan warna- warna minimalis seperti warna monokrom, kemudian tambahkan warna favorit Anda sebagai warna pendukung. Warna pendukung ini dapat Anda gunakan pada furnitur atau benda- benda dekorasi sebagai warna aksen.


2. Tepat dalam memilih pencahayaan

Pencahayaan merupakan suatu hal yang penting, namun pada rumah minimalis pencahayaan adalah sebuah kunci agar rumah terasa lebih luas. Untuk memberikan pencahayaan alami yang tepat bagi rumah minimalis, Anda bisa menggunakan jendela rumah dengan ukuran yang besar. Sedangkan pada pencahayaan buatan Anda bisa menggunakan lampu dengan penataan yang tepat.

Pencahayaan ini juga perlu disesuaikan dengan fungsi setiap ruangan agar suasana yang dihasilkan dari setiap pencahayaan dapat tercipta dengan sempurna. Pemilihan jenis lampu pada setiap ruangan juga dapat mempengaruhi luas sempitnya suatu ruangan. Sebagai saran, Anda dapat menggunakan lampu downlight untuk menerangi ruangan karena lampu downlight ini memiliki desain yang tidak memakan tempat terlalu banyak.


3. Tambahkan cermin

Untuk menambah kesan luas pada ruangan rumah minimalis Anda dapat menambahkan cermin di beberapa area. Ada banyak fungsi yang dimiliki oleh cermin. Pada ruangan yang besar cermin dapat digunakan untuk mengisi kekosongan ruang agar ruangan tidak terkesan hampa, selain itu juga cermin dapat memberikan ilusi optik pada ruangan yang mendapat sedikit sinar alami dari matahari.


4. Gunakan tekstur dan bentuk yang tepat

Permainan tekstur, pola, dan bentuk pada rumah minimalis juga dapat membuat rumah minimalis terkesan lebih luas. Pada pemilihan tekstur, Anda bisa menggunakan potongan kaca, bulu, atau bordir yang sederhana.

Kemudian pastikan bahwa tekstur, pola, dan bentuk yang Anda gunakan pada funitur atau benda- benda dekorasi di rumah Anda memiliki warna atau tema yang senada. Untuk keseimbangan konsep minimalis Anda dapat memilih pola dan bentuk yang sederhana.


5. Cerdas memilih furnitur

Pemilihan tekstur, pola, dan bentuk ini masih berhubungan dengan pemilihan furnitur. Untuk membuat rumah minimalis menjadi lebih luas Anda perlu memilih furnitur yang tepat dengan cara menggunakan motif/ bentuk yang sederhana, kemudian perhatikan ukuran furnitur yang akan digunakan dengan ukuran ruangan, Anda dapat menggunakan furnitur dengan ukuran yang lebih kecil untuk mendapatkan ilusi optik.


Itulah 5 cara cerdas yang bisa Anda tiru untuk membuat rumah dengan konsep minimalis menjadi lebih luas. Selain ke-5 hal diatas hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu adalah membuat konsep yang matang agar hasil penataan juga dapat maksimal, dan jangan lupa untuk mendiskusikannya dengan orang- orang yang ahli dibidangnya.

Artikel Asri - 5 Cara Cerdas Membuat Rumah Terasa Lebih Luas, is Posted Under Tags: , , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response