cara mengobati gatal karena alergi
cara mengobati gatal karena alergi

4 Cara Mudah Mengobati Gatal Karena Alergi

By - On 15 December 2017 - Categories : Kesehatan

Alergi biasanya memang bisa menimbulkan banyak reaksi pada tubuh. Salah satu reaksi yang paling sering dialami karena alergi adalah gatal-gatal.

Ada banyak sekali penyebab mengapa seseorang bisa mengalami gatal-gatal karena alergi. Selain itu, tingkat keparahan dari alergi sendiri juga berbeda-beda dari satu orang dengan orang lain.

Apakah anda sering mengalami gatal-gatal karena alergi? Well, jika anda sering gatal-gatal karena alergi, anda bisa mencoba 4 cara mengobati gatal karena alergi berikut ini:

4 Cara Mudah Mengobati Gatal Karena Alergi


1. Jangan menggaruk bagian tubuh yang gatal karena alergi

Cara mengobati gatal karena alergi yang pertama adalah jangan menggaruk bagian tubuh yang gatal. Kenapa anda sebaiknya tidak menggaruk bagian tubuh yang gatal karena alergi?

Karena dengan menggaruk bagian tubuh yang gatal, anda justru akan semakin memperparah masalah. Pasalnya, gatal yang disebabkan oleh alergi itu biasanya tidak akan pernah reda setelah digaruk.

Jika anda terus menggaruk bagian yang gatal karena alergi, bagian tubuh tersebut justru berisiko mengalami luka dan bahkan infeksi.


2. Kompres bagian tubuh yang gatal dengan menggunakan air es

Jika tiba-tiba ada bagian tubuh yang terasa gatal, sebaiknya segera kompres bagian tubuh tersebut dengan menggunakan air es.

Mengompres bagian tubuh yang gatal dengan air es merupakan cara mengobati gatal karena alergi yang paling efektif. Kenapa? Karena air es dapat membantu meredakan rasa gatal.


Baca Juga :
Makanan Ini Perlu Dihindari Untuk Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit
5 Manfaat Tersembunyi Kunyit untuk Kulit Cantik
Manfaat Mentimun Untuk Kulit dan Wajah


3. Gunakan sabun mandi khusus untuk penderita alergi kulit

Bagi anda yang sudah dinyatakan menderita alergi tertentu yang menyebabkan gatal-gatal pada kulit, anda sebaiknya juga mulai mengganti sabun mandi yang anda gunakan.

Sabun mandi biasa tidak cukup untuk membantu mengatasi masalah alergi yang anda derita. Lebih baik mulai gunakan sabun mandi khusus yang memiliki kandungan-kandungan antiseptik.

Menggunakan sabun mandi yang memiliki kandungan antiseptik juga merupakan cara mengobati gatal karena alergi yang sangat efektif. Kenapa? Karena sabun mandi yang mengandung antiseptik juga bisa mencegah tubuh mengalami gatal karena alergi.


4. Kenakan pakaian yang terbuat dari bahan 100% katun

Cara mengobati gatal karena alergi juga bisa anda lakukan dengan memakai pakaian yang terbuat dari bahan katun 100%.

Kenapa harus bahan katun 100%? Karena bahan katun termasuk sebagai salah satu bahan pakaian yang paling aman untuk dikenakan oleh orang yang memiliki alergi pada kulit.

Bahan katun sangat baik dalam menyerap keringat tubuh. Selain itu, bahan katun juga merupakan bahan pakaian yang paling dingin di kulit.

Oleh sebab itu, pakaian yang dibuat dari bahan katun sudah pasti tidak akan memicu masalah gatal pada kulit karena alergi.


Selain mencoba menggunakan 4 cara mengobati gatal karena alergi yang sudah dibahas di artikel ini, ada baiknya anda juga berkonsultasi dengan dokter mengenai masalah gatal-gatal yang sering anda alami.

Biasanya dokter akan memberikan salep atau krim khusus untuk membantu mengatasi masalah gatal-gatal karena alergi tersebut. Salep atau krim dari dokter tersebut juga merupakan salah satu cara mengobati gatal karena alergi yang efektif.

Artikel Kesehatan - 4 Cara Mudah Mengobati Gatal Karena Alergi, is Posted Under Tags: , , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response