4 Bahan Alami Ampuh Menghilangkan Ketombe

By On Sunday, April 9th, 2017 Categories : Kesehatan, LifeStyle

menghilangkan ketombe
Ketombe

Menghilangkan ketombe – Salah satu masalah pada rambut dan kulit kepala yang nyaris pernah dialami setiap orang adalah ketombe. Ketombe terjadi akibat kulit kepala yang kering atau akibat infeksi jamur bernama malassezia. Ketombe juga bisa muncul akibat kondisi kulit yang dinamakan seborrheic dermatitis.

Umumnya, keberadaan ketombe ini menimbulkan rasa gatal di kulit kepala sehingga kita kerpa tergoda untuk menggaruknya. Padahal, tindakan menggaruk kulit kepala berketombe ini tidak akan menghilangkan ketombe dari kulit kepala kita. Malah rasa gatalnya akan semakin menjadi-jadi.

Baca Juga :
Cara Menghilangkan Varises Dengan Cepat
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami – BAG.1
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami – BAG.2

Sudah ada banyak shampoo dan produk perawatan rambut lain untuk menghilangkan ketombe yang dijual bebas di pasaran. Namun, agar lebih cepat, Anda juga bisa menggunakan beberapa bahan alami yang dikenal mampu mengusir dan mengatasi ketombe dari kulit kepala kita. Apa saja? Inilah ulasannya :

4 Bahan Alami Ampuh Menghilangkan Ketombe

1. Minyak Zaitun

menghilangkan ketombeCara menghilangkan ketombe yang pertama adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun akan membantu melembabkan kulit kepala yang kering dan bersisik, sebagai penyebab ketombe. Cara menggunakannya mudah sekali, cukup dengan 8-10 tetes minyak zaitun, pijatkan ke kulit kepala, dan diamkan selama 8 jam sebelum dicuci dengan shampoo.

Cara lain yang merupakan tips menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun adalah dengan mencampurkan 80 ml minyak zaitun ke dalam air panas. Rendam handuk kecil dalam air panas tersebut dan gunakan untuk membungkus rambut dan kulit kepala Anda selama 30 menit. Setelah itu, cuci dan bilas rambut Anda.

2. Cuka Apel

Cuka apel tak hanya diminum untuk menjaga kesehatan tubuh, namun juga sebagai cara alami menghilangkan ketombe. Cukup campurkan dua sendok makan cuka apel, dua sendok makan air distilasi, dan dua sendok makan minyak zaitum. Basahi rambut Anda sebelum menuangkan cairan tersebut ke kulit kepala, pijat sebentar, dan diamkan selama setidaknya 20 menit.

Setelah itu, Anda bisa mencuci rambut Anda seperti biasa. Campuran cuka apel dan minyak zaitun ini ampuh untuk melenyapkan ketombe dari kulit kepala dan meremajakan akar rambut.

3. Lemon

Begitu banyak manfaat yang bisa didapat dari buah berwarna kuning segar ini, tak terkecuali sebagai cara mengatasi ketombe. Cukup dengan memijat kepala Anda dengan 2 sendok makan jus lemon lalu bilas dengan air. Setelah itu, campurkan 1 sendok makan jus lemon dengan 1 cangkir air dan bilas rambut Anda dengan campuran tersebut.

Anda bisa mencoba cara ini secara rutin sampai ketombe di kulit kepala Anda hilang. Keasaman dari lemon akan menjaga keseimbangan pH kulit kepala Anda dan menghindarkannya dari ketombe.

4. Fanugreek

Pasti sebagian besar dari anda tidak mengetahui apa itu fanugreek. Ini adalah tanaman yang pada umumnya digunakan sebagai bumbu dalam masakan. Banyak sekali orang india yang menggunakan fanugreek sebagai bumbu dalam masakannya, selain itu fanugreek juga dapat di jadikan sebagai bahan obt-obatan, karena di dalam bijinya terdapat komposisi yang banyak proteinserta asam amino, maka dari fanugreek untuk saat ini juga bisa di jadikan sebagai penghilang ketombe secara alami.

Keempat bahan alami tersebut efektif menghilangkan ketombe dengan pemakaian yang rutin. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba kan?

Leave a Reply

Leave a Response