Makanan yang mengandung gula tambahan akan dapat meningkatkan level gula darah di dalam tubuh dan juga dapat menyebabkan peradangan yang kronis di dalam tubuh, inilah yang akan merusak kolagen pada kulit Anda sehingga menjadi penyebab penuaan d
Makanan yang mengandung gula tambahan akan dapat meningkatkan level gula darah di dalam tubuh dan juga dapat menyebabkan peradangan yang kronis di dalam tubuh, inilah yang akan merusak kolagen pada kulit Anda sehingga menjadi penyebab penuaan dini (Image:Google.com)

3 Makanan Penyebab Kulit Cepat Keriput

By - On 17 June 2017 - Categories : Kesehatan, LifeStyle

Pada saat kita mengalami kondisi kulit dan juga tubuh yang tampak tidak wajar, seringkali banyak yang menuding pada ‘konsumsi gula’ yang berlebihan sebagai penyebabnya.

Sebenarnya itu adalah salah satu kesalahan dari pola makan yang mesti dihindari apabila Anda ingin mempunyai kulit yang sehat dan juga bersinar.

Sebagai wanita tentunya tidak ingin memiliki wajah yang penuh dengan kerutan dan keriput.

Selain wajah terlihat tua dan tidak muda lagi, keriput juga cukup mengganggu penampilan. Perlu kamu tahu juga, timbulnya keriput juga bisa muncul di usia muda.

Penyebab timbulnya keriput terjadi antara lain seperti faktor genetik, kesehatan kulit, dan pola hidup yang tidak sehat, bahkan penggunaan kosmetik yang tidak tepat juga menjadi penyebab keriput.

Agar ini tidak terjadi, sebaiknya Kamu perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab terbesar timbulnya keriput di usia muda.

Huffingtonpost pernah melansir sejumlah kesalahan dalam mengkonsumsi makanan yang seringkali kita lakukan yang dapat menyebabkan kulit kita lebih mudah keriput.

Berikut 3 makanan penyebab kulit cepat keriput atau penyebab penuaan dini :

1. Mengkonsumsi Makanan Yang Terlalu Banyak Mengandung Gula

Hari buruk untuk sebagian orang adalah pada saat mengkonsumsi es krim dan juga berbagai makanan yang manis.

Dan pilihan seperti ini hanya akan menjadikan hari-hari Anda semakin buruk saja, apabila Anda tidak tahu apa yang akan terjadi dengan kulit jika Anda mengonsumi makanan makanan manis tersebut dengan berlebihan.

Makanan yang mengandung gula tambahan akan dapat meningkatkan level gula darah di dalam tubuh dan juga dapat menyebabkan peradangan yang kronis di dalam tubuh, inilah yang akan merusak kolagen pada kulit Anda sehingga menjadi penyebab penuaan dini.

Glukosa adalah gula monosakarida yang merupakan salah satu karbohidrat terpenting yang digunakan tubuh sebagai sumber tenaga. Dalam metabolisme manusia, glukosa bertanggung jawab untuk menyediakan energi. Meski demikian, terlalu banyak glukosa dalam makanan telah dikaitkan dengan komplikasi kesehatan seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung dan kanker. Maka dari itu, asupannya perlu dibatasi terutama pada mereka yang menderita diabetes.

Glukosa merupakan hasil sampingan dari proses fotosintesis tanaman dalam menyediakan energi untuk dirinya sendiri. Maka tidak heran banyak pula buah-buahan yang mengandung glukosa. Contoh buah tinggi glukosa meliputi pisang, anggur, kiwi, ceri dan kesemek. Buah-buahan kering sangat tinggi glukosa karena kadar air yang rendah. Sumber glukosa lain yang paling potensial adalah madu.

2. Mengonsumsi Makanan Yang Berbahan Tepung Dengan Derlebihan

Bahan pati yang terdapat di dalam roti putih, di dalam pasta dan juga nasi putih dapat menyebabkan lonjakan gula darah di dalam tubuh kita secara cepat.

Hal seperti ini dapat memicu peradangan di dalam tubuh kita.

Proses ini juga bisa menghasilkan sebuah enzim yang dapat memecah kolagen dan juga elastin. Inilah yang yang membuat kulit kita menjadi ken’dur dan juga lebih cepat keriput atau salah satu penyebab penuaan dini.

Tepung atau flour merupakan bubuk halus yang dibuat dari penggilingan dari serealia (tanaman suku padi-padian), biji-bijian dan umbi-umbian. Beragam tepung yang digunakan sebagai bahan makanan umumnya mengandung pati yang merupakan sumber karbohidrat. Terigu menjadi salah satu jenis tepung yang populer digunakan untuk membuat roti dan kue. Tetapi tak hanya terigu, masih banyak jenis tepung lain yang sering dipakai dalam makanan.

3. Lupa Dalam Menghitung Konsumsi Minuman

Tidak jauh beda dengan makanan, kandungan gula yang terdapat di dalam minuman juga dapat memberikan sebuah efek bagi penuaan dini, munculnya jerawat di wajah dan berbagai efek yang tidak baik untuk kondisi kulit lainnya.

Apalagi kandungan gula yang terdapat di dalam minuman seperti halnyajus dan juga soda, karena sangat mudah diserap oleh aliran darah.

Minumlah air putih secukupnya, artinya tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak. Yang dikatakan terlalu berlebihan itu yang bagaimana sih? – Terkait dengan berbagai macam dampak fatal yang terjadi pada para perlari maraton akibat terlalu banyak minum air putih, International Marathon Medical Directors Association (IMMDA) menyarankan agar kita mengkonsumsi air minum hanya pada saat kita merasa haus dan dahaga. Konsumsilah air minum secukupnya atau tidak berlebihan, yaitu tidak lebih dari 0.03 liter per kg berat badan kita. Jadi, misalnya seseorang memiliki berat badan seberat 50 kg, maka konsumsi air minum yang diperbolehkan untuk orang tersebut adalah tidak lebih dari 1.5 liter per hari. Rekomendasi ini menjadi sangat logis, karena berat badan seseorang tentunya berpengaruh juga dengan jumlah kebutuhan air yang harus diminumnya perhari. Orang yang lebih gemuk (berat badan lebih besar) tentunya membutuhkan air dalam jumlah yang lebih banyak, jika dibandingkan dengan orang yang kurus.

Itulah 3 makanan penyebab kulit cepat keriput.

Bagaimanapun juga yang berlebihan selalu berdampak buruk bagi tubuh kita, jadi mulai dari sekarang kurangi konsumsi ketiga makanan tersebut atau sewajarnya saja agar Anda lebih awet muda.

Artikel Kesehatan, LifeStyle - 3 Makanan Penyebab Kulit Cepat Keriput, is Posted Under Tags: , , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response