3 Cara Menenangkan Diri Saat Cemas

By On Wednesday, March 8th, 2017 Categories : Kesehatan, LifeStyle

3 Cara Menenangkan Diri Saat Cemas
Cara Menenangkan Diri Saat Cemas

3 Cara Menenangkan Diri Saat Cemas – Kecemasan merupakan pengalaman semua orang  dari waktu ke waktu. Anda bahkan mungkin menderita gangguan kecemasan, seperti Generalized Anxiety Disorder (GAD), jika Anda mengalami terus-menerus, tidak realistis mengkhawatirkan kehidupan sehari-hari. Namun, jika Anda mengalami kecemasan tiba-tiba di mana Anda memiliki gejala seperti jantung berdetak cepat, mual, tremor , dan ketakutan yang intens, Anda mungkin akan mengalami  kepanikan. kepanikan bisa sangat menakutkan, sehingga sangat membantu untuk mengetahui bahwa Anda dapat membatasi kecemasan yang terjadi. Berikut adalah cara cara menenangkan diri saat cemas.

3 Cara Menenangkan Diri Saat Cemas

1. Tarik napas dalam-dalam. 

Pertama… Cara Menenangkan Diri Saat Cemas, adalah dengan menarik Napasa dalam dalam. Jika Anda mengalami kepanikan, kemungkinan Anda mulai hiperventilasi. tarik napas dalam-dalam dapat membantu mengurangi stres Anda dan memberikan oksigen ke otak Anda untuk membantu Anda supaya fokus. Ketika Anda merasa kepanikan datang,

  • Coba menahan napas Anda untuk memulai. Hal ini dapat membantu mengurangi perasaan bahwa Anda tersedak atau tidak dapat bernapas.
  • Setelah  Anda menahan napas, mulai lah bernapas perlahan-lahan dari diafragma Anda. Tempatkan satu tangan di dada dan yang lainnya di perut Anda. Anda harus merasa kenaikan perut Anda dan jatuh saat Anda bernapas, sementara tangan atasmemegang dada anda.
  • Ambil 4 detik untuk menghirup melalui hidung Anda. Tahan nafas selama 2-3 detik. Buang napas perlahan melalui mulut selama 5-6 detik
  • Lanjutkan pernapasan dalam selama beberapa menit sampai Anda melihat perbedaan dalam relaksasi otot Anda dan kejernihan pikiran anda.

2. Fokus pada indra Anda.

Selama panik, pikiran Anda mungkin merasa campur aduk. Anda mungkin merasa banyak sensasi sekaligus, yang berkontribusi pada rasa “overload.” Hal ini terjadi karena tubuh Anda telah mengaktifkan suatu  mode sistem saraf simpatik Anda,  denyut jantung cepat dan pernapasan ke gigi tinggi, tekanan pada otot , dan aliran darah konstriksi.

Luangkan waktu sejenak untuk memperlambat dan perhatikan setiap pengalaman sensorik Anda pada gilirannya. Proses ini dapat membantu otak Anda melupakan nya “reaktivitas otomatis,” atau kebiasaan bereaksi terhadap stres dengan cara tertentu, dengan memecah informasi ke dalam komponen individu.

  • Cobalah mengambil inventarisasi apa yang terjadi tanpa menilai sesuatu sebagai “baik” atau “. Buruk” Sebagai contoh, Anda mungkin melihat: “Jantungku berdebar sangat cepat. Tanganku berkeringat. Aku merasa seperti aku akan muntah. “
  • Selanjutnya, ingatkan diri Anda bahwa gejala-gejala ini adalah produk dari kecemasan. Hindari mengatakan kepada diri sendiri bahwa Anda harus “kontrol” gejala -. Ini dapat membuat menjadi buruk. Katakan pada diri Anda bahwa gejala ini bersifat sementara dan akan berlalu.
  • Tinggal di mana Anda sebagai Anda membuat katalog Anda dari sensasi. Ini akan, dari waktu ke waktu, membantu otak Anda menyadari bahwa situasi sebenarnya tidak berbahaya. Melarikan diri dari situasi dapat menciptakan asosiasi kuat di otak Anda antara situasi dan panik.

3. Akui kecemasan Anda.

Meskipun Anda ingin mengurangi kecemasan Anda , Anda tidak ingin mengabaikannya. Mengabaikan atau menekan emosi bisa membuat menjadi lebih kuat dan bahwa Mengakui bahwa Anda takut,  tidak ada yang “salah” atau “buruk” tentang Anda. ini dapat menjadi Cara Menenangkan Diri Saat Cemas melanda anda.

Semoga bermanfaat.

Artikel Kesehatan, LifeStyle - 3 Cara Menenangkan Diri Saat Cemas, is Posted Under Tags: , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response