17 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami serta Pencegahannya

By On Wednesday, March 1st, 2017 Categories : Kesehatan

Cara mengobati gusi bengkak
gusi bengkak

Cara mengobati gusi bengkak tidak sesulit ketika mengobati sakit gigi, hampir semua orang mengalaminya jika kita tidak pandai merawat mulut atau jarang gosok gigi akibat terlalu banyak bakteri pengganggu dalam mulut. Efek sakit gusi membengkak tidak kalah hebatnya ketika sakit gigi yang sakitnya hingga terasa ke kepala, nah mulai sekarang rajin-rajinlah membersihkan kesehatan gigi dan mulut. Tentu tidak nyaman sekali ditengah-tengah aktifitas keseharian (belajar, bekerja, sekolah, dll) tiba-tiba gusi sakit tidak karuan.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

image ladycarehealth.com

Nah, sebelum membahas lebih jauh cara ampuh mengobati gusi membengkak tidak ada salahnya kita mengetahui struktur gusi. Gusi merupakan jaringan kokoh di sekitar gigih jika sehat berwarna merah mudah dan berwarna kusam atau kehitaman jika gusi tidak sehat.

Ribuan jaringan pembuluh darah kecil-kecil dan rapat mengelilingi seputar gusi di rahang atas dan rahang bawah, karena itulah jika gusi sakit akan terasa ke kepala melalui jaringan pembuluh darah dan syaraf ini. Karena itulah apa yang dirasakan gigi bisa berdampak pula pada gusi. Nama lainnya adalah Gingivitis sumber infkesinya adalah bateri yang menghuni rongga mulut kemudian menginfeksi plak gigi.

Gejala gusi membengkak dapat diketahui dengan cara berikut:

  • Gusi yang membengkak akibat dari peradangan atau inflamasi disekitar gusi yang ditandai dengan warna lebih merah dari gusi sekitarnya
  • Gusi terlihat lebih menonjol dan terasa sakit jika di tekan-tekan
  • Gusi bengkak menjadi lebih sensitif dan terasa sangat sangit ketika gigi bersikutan apalagi mengunyah makanan bahkan terasa mau meledak hingga terasa ke kepala.
  • Beberapa kasus gusi hingga berdarah saat menggosok gigi.
  • Pembentukan nanah di antara gigi dan gusi
  • Rasa tidak enak di mulut dan bau mulut
  • Area pipi dan leher dekat gusi bengkak juga ikutan membengkak terlihat tidak simetris dan ngilu

Baca Juga :
15 Obat Sakit Gigi Tradisional Dari Bahan Alami dan Mujarab
Obat Sakit Gigi Tradisional Alami Paling Mujarab

Penyebab yang biasa terjadi saat radang gusi

  • Kekurangan asupan vitamin C – sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat dipengaruhi faktor dominan vitamin C ini, penyebab kekurangan vitamin C bisa jadi menimbulkan berbagai macam keluhan kesehatan salah satunya gusi bengkak, radang, dan lainnya. Kekebalan tubuh yang menurun rentan terserang penyakit dan infeksi, anemia, tubuh lemas karena tubuh juga kekurangan zat besi yang seharusnya diserap ke dalam tubuh dibantu asupan vitamin C ini.
  • Kehamilan dan perubahan hormon – Kasus umum pada ibu hamil rentan terkena inflamasi pada gusi sebab hormon ibu hamil meningkatkan aliran darah pada gusi yang mudah iritasi, diperparah lagi daya tahan ibu hamil muda rentan dan lemah jika terserang bakteri penyebab radang gusi. Sebab itulah ibu hamil diperlukan supplemen ektra agar kebutuhan gizi tetap tercukup untuk si ibu dan jani dalam kandungan. Tidak saja terjadi pada ibu hamil, wanita mejelang masa haid dan gadis masa pubertas juga.
  • Kekurangan asam folat – Produksi sintetis protein memerlukan kandungan asam folat dalam tubuh, juga membantu sel darah merah, menjaga fungsi sel normal, serta mengurangi iritasi gusi seperti gingivitis
  • Tidak pilih makanan – Sering mengkonsumsi makanan kurang sehat yang juga memperparah pembengkakan pada gusi, pilihlah makanan yang tidak mengandung gula berlebih. seperti coklat, permen, eskrim, dan semisalnya.
  • Jarang membersihkan mulut – Sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi yang tidak dibersihkan akan membusuk dan mengundang bakteri penyebab utama infeksi. Plak gigi ikut serta memperparah keadaan penyebab awalnya radang gusi. Jika tidak rajin-rajin membersihkan mulut maka kemungkinan besar masalah kesehatan mulut seiring perkembangan abnormal jamur candida di dalam mulut semakin buruk. Banyak orang beranggapan jika sudah sikat gigi maka mulut telah bersih tanpa memperhatikan kebersihan lidah dan sekitar mulut padahal itu penting agar penyebab. Bakteri mulut akan mengganas di dalam mulut jika kita kurang menjada kebersihan mulut.
  • Gigi berlubang – Keluhan yang sering terjadi adalah gigi berlubang, sisa makanan yang nyangkut ke dalam lubang gigi jika tidak dibersihkan akan membusuk  menjadi berkumpulnya kuman dan bakteri perusak, memang tidak seketika efeknya namun perlahan tapi pasti berakibat buruk. Saat bakteri agresif menyerang saraf dan pemuluh darah akan terasa sakit sekali sebagai bentuk tubuh melakukan perlawanan dengan ditandai inflamasi atau radang di sekitar gusi gigi hingga membengkak.
  • Gingivitis – Jenis infeksi yang dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan bengkak pada gusi. Banyak orang tidak menyadari gusinya sedang menderita sakit karena gejalanya kadang tidak terlalu terlihat. Padahal jika tidak diatasi, gingivitis dapat berkembang menjadi periodontitis dimana gusi dan tulang penahan gigi melemah. Gigi pun bisa tanggal dengan sendirinya jika kondisi gusi sudah semakin parah. (ADA) bahkan menyatakan jika gingivitis dan periodontitis adalah penyebab utama kehilangan gigi pada orang dewasa. Bakteri dan sisa makanan dapat membentuk plak yang menempel di gigi. Jika dibiarkan, plak akan menjadi tartar yang memiliki struktur lebih keras dan tidak dapat dihilangkan dengan dental floss dan sikat gigi biasa. Infeksi kemudian dapat terbentuk jika plak menyebar ke sela-sela gusi dan gigi.
  • Tumbuh gigi – Sebenarnya pertumbuhan gigi hal biasa setiap orang umumnya di mulai dari masa anak-anak usia enam bulan hingga tanggalnya gigi susu. Pada sebagian orang terkadang timbul rasa nyeri ketika tumbuh gigi akibat pembengkakan gusi kurang lebih tiga sampai lima hari, jika sakit terus belanjut dikhawatirkan akan lebih parah, sebaiknya segera hubungi dokter gigi. Kondisi tertentu radang gusi hingg terjadi pendarahan dan harus dilakukan operasi ringan.
  • Herpes stomatitis (gingivostomatitis) – Jenis penyakit ini bukanlah penyakit serius, namun jika dibiarkan dan kondisi daya tahan tubuh menurun virus dapat menyerang kapan saja. Infeksi jamur herpes stomatis ini dapat menyebar dengan cepat yang gejalanya mirip radang biasa seperti sariawan, gusi bengkak, nyeri dan sulit menelan.
  • Leukimia – Gusi bengkak, lunak, dan mudah berdarah merupakan salah satu gejala yang sering dialami oleh penderita leukemia. Hal ini disebabkan oleh banyaknya sel darah putih muda yang menginfiltrasi jaringan gusi. Masalah ini biasanya terjadi secara berulang dan disertai gejala lain seperti penurunan berat badan, muntah, dan mudah lelah. Gusi bengkak juga dapat disebabkan oleh efek samping kemoterapi bersama dengan sariawan.
  • Alkohol – Minuman ber-alkohol atau obat-obatan yang mengandung alkohol (obat kumur) sangat tidak dianjurkan pemakaiannya terlalu sering karena kandungan bahannya lebih cenderung penyebab radang gusi.
  • Pemakaian Kawat Gigi ataupun Gigi Palsu – Memasang kawat behel terlalu rapat akan menyebabkan gusi tertekan akan menyebabkan gusi bengkak, pemakaian kawat gigi yang kurang tepat bisa jadi salah satu penyebabnya. Akan tambah parah apabila jenis kawat yang jelek tertumpuk sisa-sisa makanan di sela-sela gigi akan menumpuk bakteri mulut, maka sering-seringlah rajin membersihkan gigi dan kawat behel dan dipasang oleh dokter gigi yang ahli memesang kawat behel agar resiko gusi bengkak bisa diminimalisiri.

Cara mengobati gusi bengkak tidak harus dengan obat kimia dengan efek samping berbahaya bila anda lebih cenderung dengan pengobatan alami yang telah turun temurun terbukti ampuh bisa dicoba dengan banyak pilihan herbal untuk mengempeskan gusi bengkak. Jika sakit terus berlanjut sebaiknya hubungi dokter agar ditangani lebih jauh mungkin membutuhkan operasi kecil pada gusi.

Berikut 17 Cara mengobati gusi bengkak secara alami, aman dan cepat bisa dilakukan sendiri di rumah:

1. Cara mengobati gusi bengkak – Dengan Berkumur Air Garam

Air garam sangat bagus untuk meredakan radang gusi maupun radang tenggorokan terbukti ampuh sebab garam mengandung anti-septik untuk melawan kuman. Lakukan secara teratur berkumur air garam 2- 3 kali sehari kemudian berkumur denga air bersih.

2. Cara mengobati gusi bengkak – Dengan Dengan Daun Sirih

Siapa yang tidak kenal daun sirih sebagai anti septik sejak dulu caranya ambil 10 helai daun sirih dicampur kunyit dan garam secukupnya ditumbuk kasar kemudian campur 500 ml air dan rebus hingga mendidih. Minum sari rebusan atau bisa juga sebagai obat kumur. Sama seperti gambir yang biasa menyirih, daun sirih dikenal sebagai antiseptik. Caranya 4 lembar daun sirih di rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih, pergunakan obat kumur secara teratur hingga gusi bengkak sembuh.

3. Cara mengobati gusi bengkak – Dengan Lada Hitam Dan Minyak Cengkih.

Bahan rempah tradisional yang dipercaya mengatasi pembengkakan gusi atau gigi berlubang, cukup oleskan minyak cengkin dan lada hitam pada area gusi yang bengkak dan gigi berlubang  memang rasanya sedikit pedas bila terkena lidah dan bau tajam menyengat tapi ampuh membunuh bakteri.

4. Cara mengobati gusi bengkak – Dengan Pijatan Gusi dan Kompres

Pijatan lembut pada area gusi yang sakit bisa dikatakan sebagai terapis bukan pengobatan, tips sederhana ini mungkin lupa dilakukan saat sakit gusi padahal terbukti dapat meringankan radang gusi. Lakukan pijatan lembut dengan jari telunjuk pijat dengan gerakan melingkar langsung pada gusi yang sakit pastikan tangan sudah bersih dari bakteri agar tidak timbul sakit baru.

5. Cara mengobati gusi bengkak – Dengan Hidrogen Peroksida/Baking Soda

Anda juga bisa untuk berkumur menggunakan Baking Soda. Obat kumur ini mamapu untuk mengurangi rasa sakit gusi dan mencegah tersebarnya bakteri penyebab pembengkakan gusi tersebut.

6. Cara mengobati gusi bengkak – Dengan Sikat Gigi Secara Rutin

Sebenarnya sikat gigi bisa dibilang bukan pengobatan tetapi saya masukkan dalam daftar pengobatan agar gigi tetap sehat dan bersih selam gusi membengkak atau sesudah sakit. Sikat gigilah secara teratur 2-3 kali sehari meski sakit sudah berkurang agar tidak terulang dikemudian hari.

7. Cara mengobati gusi bengkak – Dengan Bayam Duri

Bayam duri bisa dikatakan termasauk tanaman liar banyak tumbuh di sekitar kebun, tapi siapa sangka tanaman ini termasuk salah obat tradisional menyembuhkan gusi yang membengkak. Ambil seikat bayam duri kemudian bakar di atas genteng bersih lalu tumbuk. Gunakan herbal ini sebagai obat oles pada gusi yang sakit.

bayam duri - Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

bayam duri, image herbalandhealthy.wordpress.com

8. Cara mengobati gusi bengkak – Dengan Bawang Putih

Bawang putih tidak saja ampuh mengobati radang tenggorokan sebagai anti-septik alami tetapi sangat efektif menyembuhkan pembengkakkan gusi serta gigi berlubang. Ambil bawang putih secukupunya kemudian haluskan denga gerusan setelah halus ambil bawang halus tadi kemudian masukkan ke dalam gigi berlubang atau gusi. Akan terasa pedas bila kena lidah itu menandakan bawang putih sebagai anti kuman.

9. Cara mengobati gusi bengkak – Dengan Asam Jawa (Untuk Menghilangkan Karang Gigi Penyebab Gusi Bengkak)

Ambil biji asam jawa setelah dijemur kering sangrai beberapa menit, setelah garing tumbuk hingga halus kemudian gosokkan pada gusi dan gigi yang sakit dengan kain atau sikat gigi untuk menghilangkan plak karang gigi.

10. Cara mengobati gusi bengkak – Dengan Kulit Andong

Bersihkan kulit Andong dengan air kemudian kupas dan campur dengan garam lalu aduk hingga rata jadikan sebagai olesan di tempat sakit

tanaman daun andong - Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

tanaman daun andong, images wartasaranamedia.com

11. Cara mengobati gusi bengkak – Dengan Krokot

Tanaman ini merupakan tanaman liar dan ghulma merugikan untuk tanaman lain, tapi siapa sangka sangat bermanfaat untuk manusia. Ambil tanaman krokot 200 gram dalam air di panci sebanyak 3 gelas air, kemudian rebus hingga tersisa kira-kira 1 gelas air. Tunggu hingga dingin lalu minum sampai habis.

daun Krokot - Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

daun Krokot, imageflickr.com

12. Cara mengobati gusi bengkak – Dengan Gambir

Kebiasaan nenek kita jaman dulu ketika menyirih (jawa: nginang) ternyata juga berkhasiat menyembuhkan gusi bengkak, caranya 3 lembar daun gambir, 3 cm kunyit diiris tipis setelah dicuci bersih kemudian di campur air sebanyak 2 gelas dalam panci dan rebus hingga mendidih. Gunakan air rebusan untuk berkumur saat air hangat lakukan secara rutin 3- 4 kali sehari.

13. Cara mengobati gusi bengkak – Dengan Daun sisik naga

Cuci daun sisik naga secukupnya sampai bersih, lalu kunyah. Biarkan kunyahan tersebut cukup lama di bagian gusi yang meradang. Selanjutnya, buang ampasnya. Lakukan secara rutin 3-4 kali sehari hingga sembuh.

14. Cara mengobati gusi bengkak – Dengan Bunga delima

Tidak saja buah delima yang sangat manjur sebagai pengobatan tradisional untuk segala penyakit, begitu pula bunga delima juga berkhasiat. Ambil 7 bunga delima kemudian cuci bersih, lalu rebus hingga mendidih, setelah dingin gunakan sebagai obat kumur-kumur.

15. Cara mengobati gusi bengkak – Dengan Tomat

Cuci buah tomat segar yang sudah masak, lalu makan mentah. Lakukan sehari dua kali, selama kurang lebih satu bulan.

16. Cara mengobati gusi bengkak – Dengan Daun landep

Daun landep segar dicuci lalu digiling halus. Air perasannya ditambahkan sedikit madu, simak seperti apakah madu Vitabumin ektrak ikan gabus. Gunakan untuk memoles gusi yang sakit.

daun landep - Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

daun landep

17. Cara mengobati gusi bengkak – Dengan STOP Rokok

Tak dipungkiri lagi asap rokok mengandung racun yang sangat berbahaya dan memperburuk gusi jangka panjang, pelan tapi pasti asap rokok menggoroti gigi dan gusi, begitu pula dengan alkohol.

Cara Mencegah Gusi Bengkak (Lagi)

  • Rajin membersihkan gigi sehabis makan, menjelang tidur, dan bangun tidur.
  • Memperbanyak makanan atau minuman yang mengandung vitamin C, asam folat, dan kalsium.
  • Enam bulan sekali berkunjung ke dokter gigi untuk membersihkan plak gigi yang tidak bisa dibersihkan dengan cara sikat gigi biasa.
  • Segera lakukan pengobatan tradisional, pilih salah satu atau beberapa pengobatan yang menurut anda paling ampuh.

Karena efeknya yang menyakitkan ini banyak orang mengeluh sakit dan bahkan sering marah-marah (emosinya sensitif) karena tidak tahan dengan ngilunya. Sekarang dipasaran obat sudah banyak menyediakan obat alami yang murah dan mudah dibeli sebagai pengurang rasa sakit misal minyak cengkeh. Nah, saya anjurkan anda untuk menggunakan obat-obatan alami jauh lebih aman dan tidak memiliki efek samping berbahaya ketimbang obat kimia.

Nah setelah membaca artikel ini kini Anda telah tahu cara mengobati gusi bengkak sendiri di rumah dengan bahan alami dan tradisional. Setelah sakit mereda jang abaikan kesehatan mulut, gusi dan gigi anda, bila sakit tidak kunjung reda hingga lebih dari seminggu meski segala herbal di atas telah dicoba sebaiknya tidak menunda untuk konsultasi dengan dokter gigi terdekat dikhawatirkan bukan pembengkakkan gusi biasa. Semoga bermanfaat dan lekas sembuh!

Artikel Kesehatan - 17 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami serta Pencegahannya, is Posted Under Tags: , , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response